Rabu, 02 Oktober 2024

Sayang, Mengapa Kamu Menangis?

  “ENGGAK MAU SEKOLAH!”

Beberapa hari lalu Saladin pulang dengan berurai air mata. Lantas tiba-tiba dia bilang mau bolos aja. Ada apa denganmu, sayang? Tumben pulang sekolah sambil menangis? Padahal dia biasanya sangat antusias untuk menimba ilmu di sekolah  alam.



Ayahnya (yang bertugas untuk antar-jemput) lalu bercerita. Ternyata tadi Saladin bertengkar dengan temannya, sampai dia mewek. Begitu kutanya, dia sebut satu nama. Memang daku sudah paham karakter temannya itu (karena sudah cukup lama sekelas) dan dia memang agak tegas. Namun mengapa sampai Saladin menangis?



Dugaanku, Saladin ketiduran di kelas (karena terbangun jam 3:45 pagi). Dia sudah beberapa kali ketiduran dan bunda guru juga tidak mempermasalahkan (baik banget ya! Kalau jaman dulu mah udah ditimpuk pake kapur). Kubilang, bisa jadi temanmu marah karena kamu ketiduran, temannya tegas demi kedisiplinan di dalam kelas.

Ternyata Saladin Bikin Heboh Lagi

Namun Saladin masih membingungkan karena ngotot besoknya tidak mau sekolah. Katanya takut ditangkap? Hah? Kok bisa? Apa tadi di perjalanan ada petugas yang menilang?



Ayahnya cerita, enggak kok. Enggak ada petugas. Akhirnya ada jawaban oleh bunda guru (by WA). Saladin bikin heboh karena tidak sengaja menggeser pintu dapur sekolah sampai hampir jatuh.  Bunda guru takut dia luka lagi.

Read: Saladin Memecahkan Kaca di Sekolah

Nah, setelah kejadian itu, rupanya ada teman Saladin yang menakut-nakuti. Kalau dia ceroboh lagi, bakal ditangkap oleh petugas. Namanya anak kecil mah percaya aja, jadi dia nangis.

Tips Menghadapi Anak yang Menangis

Lalu bagaimana cara menghadapi anak yang menangis?

Coba teman-teman lakukan hal ini ketika anak sedang menangis:

1. Biarkan Sampai Tangisnya Reda

Anak menangis karena meluapkan emosinya. Jadi biarkan saja sampai tangisnya reda. Nanti ketika emosinya sudah stabil, akan diam sendiri.



2. Jangan Dimarahi

Daku pernah melihat ada anak yang mewek eh malah diomeli, dibentak-bentak, dan dijewer. Bukannya diam dia malah nangis lebih keras. Ya iyalah, siapa yang mau digitukan? Kita yang orang dewasa aja enggak mau kan?

Sabaar, tahan emosi, jangan marahi anak. Kalau takut bakal bentak anak, mending melipir dulu, cuci muka, bikin teh. Setelah tenang baru dekati anak.

3. Beri Makan dan Minum

Anak kalau sudah tenang, tawarkan makan dan minum. Karena biasanya dia lapar (menangis kan menguras energi).



4. Peluk Erat

Sayangi anak sepenuhnya dan peluk erat dia. Karena setelah menangis dia butuh ditenangkan. Salah satunya dengan berpelukan.

5. Dengarkan Ceritanya tanpa Menghakimi

Jika anak sudah selesai menangis, sudah minum, dan tenang karena dipeluk, baru tanya alasan mengapa dia menangis? Kalau belum mau cerita ya sudah. Nanti lama-lama dia akan cerita sendiri. Dengarkan dengan sabar dan jangan dihakimi.

Akhirnya Sekolah

Bagaimana setelah kejadian yang membuat Saladin berurai air mata? Besoknya tetap sekolah, dong! Mau diboloskan juga tidak dapat izin dari ayahanda. Kata beliau, biarkan Saladin belajar menghadapi masalahnya sendiri.



Daku sempat khawatir dan mengirim WA ke bunda guru. Alhamdulillah Saladin di sekolah tidak menangis lagi. Bahkan dia enjoy main puzzle kayu ketika jam istirahat. Lega banget dan memang kita tuh tidak boleh mengajarkan anak untuk menghindari masalah ya, tapi harus menghadapinya. Pernahkah anak-anak pulang sekolah sambil menangis?

14 komentar:

  1. Memang mesti dicari tahu dulu ya mengapa anak sampai menangis dan berujung enggan ke sekolah. Khawatirnya kena bullying, kan berabe tuh. Syukurlah bisa dapat informasi ttg penyebabnta dan anaknya sdh mau kembali ke sekolah

    BalasHapus
  2. Memang yaa anak sekolah ada saja drama nyaa hehe..malah disitu letak seni nya ;)
    Kalo anak pulang dan tiba2 menangis memang harus dicari akar permasalahannya, dan kita sebagai orang tua bisa memandanganya dari berbagai sisi dari versi si anak, guru bahkan teman nya agar bisa mengambil keputusan terbaik

    BalasHapus
  3. Akhirnya Saladin mau berangkat sekolah
    aku dulu kalau masih bocah kayaknya percaya nggak percaya kalau ada temen yang nakut-nakutin
    anak-anak perlu ditanyai atau dihibur dengan lembut ya mbak, memang aku pernah liat juga ada anak kecil yang ngrengek gitu, terus sama ortunya ya diomeli di tempat umum pula

    yang liat kan jadi gimana gitu.
    memahami anak-anak memang susah gampang, tapi ya kudu dilatih juga, anak diberi pengertian supaya ngerti

    BalasHapus
  4. Terima kasih ya sudah menjadi Ibu yang hebat, membiarkan anak menangis dulu dan tidak perlu marah atas apapun ketidaktepatan lakunya.

    Sehat terus Saladin keluarga.

    BalasHapus
  5. emang kudu pinter juga mengatasi anak yang menangis dan mewek. Harus dicari akar permasalahannya dan melepaskan dari trauma biar bisa nyaman lagi. emang jadi orang tua harus pinter dan paham sih karakter anak. Masing masing pendekatannya beda

    BalasHapus
  6. Setujuuu mba. Anak yg menangis kalo makin dibentak ya pasti makin takut kan. Aku pernah liat di IG, anak nangis, tp dibentak suruh diem. Sampe sesenggukan. Ya Allah liatnya ga tega 😭. Mungkin dia akan diem, tp dia pasti nahan sakit di dada nya 😭. Kita aja kalo nahan tangis, sakit banget kan ..

    BalasHapus
  7. Banyak sih orang tua yang kulihat saat anak menangis malah dimarahi. Inginnya si anak tenang. Eh si anak malah nangis makin kejer. Hehehe

    BalasHapus
  8. Anakku cowok wktu kecil gak pernah nangis pulang sekolah bun, pdhl ada aja kejadiannya. Dijahilin temen, dahi berdarah, sepatu hilang, dll. Nangisnya malah klo lg curhat wkwk.. Gpp kok drpd nyesek yaa. Dan supaya plong biar bisa aktivitas seperti biasa.

    BalasHapus
  9. Pastinya saat melihat anak pulang sekolah dalam kondisi menangis kaget dan mikir macem-macem ya mba. Hanya saja selaku orangtua harus berusaha tetap tenang supaya anak tidak makin takut atau makin keras nangisnya.

    Kesabaran dan ketelatenan Ibu ataupun ayah di situasi ini sangatlah dibutuhkan. Untunglah step yang mba Avi lakukan beneran oke banget serta terstruktur. Sehingga Saladin besoknya tetap mau bersekolah juga.

    Terima kasih sharing dan tips nya. Bakalan bermanfaat saat nanti ku punya anak. Atau pas menghadapi keponakan ku yang masih Balita.

    BalasHapus
  10. Hehe selalu ada drama pas anak-anak sekolah ya, kalau anakku pernah berantem gitu pas SD, ceritanya dibully, eh begitu Alde balas anaknya nangis.. ketemuan deh dengan ibu temannya..hehe..

    BalasHapus
  11. Dinamika anak-anak sekolah dan bergaul tuh yaa..
    Suka ada adaaa aja konfliknya.

    Tapi seneng sii.. orangtua bisa jadi tempat curhat yang nyaman untuk anak. Sehingga bisa bantu sedikit mengontrol dengan masukan-masukan yang positif dan membangun.

    Tetap semangat, nak sholiih..

    BalasHapus
  12. Kadang orang nangis itu langsung dimarahi padahal harusnya didengarkan dulu kenapa menangis, ditenangkan dan juga diberikan kesempatan untuk bernafas karena anak-anak perlu itu

    BalasHapus
  13. Sebagai guru, kalau ketemu orang tua seperti bundanya Saladin nih pasti aman karena banyak tuh orang tua yang tidak mau tahu kalau anaknya pulang nangis, langsung gurunya yang diultimatum salah.

    BalasHapus
  14. Mba, makasih ya udah berbagi cerita mengenai hal ini. Soalnya aku blm punya anak dan jarang megang anak orang juga. Jadi tak tau mau ngapain haha

    BalasHapus