Minggu, 06 Oktober 2024

Cara Mengajari Anak agar Lebih Dermawan



Pernahkah teman-teman pusing karena ketemu orang pelit? Sudah maunya gratisan, diminta tolong gak mau. Pelitnya juga ke diri sendiri sampai tahap beli obat atau ke dokter enggak mau, padahal sudah sakit parah. Alasannya karena sayang duit.


Pelit dan frugal living beda yaaa. Kalau frugal living hidup hemat dan sewajarnya. Namun pelit itu tidak mau mengeluarkan uang untuk hal yang pokok, yang penting bagi hidupnya. Misalnya pas hamil kagak USG sama sekali.



Amit-amit kalau ada orang pelit. Lantas daku jadi mikir. Jangan sampai anak-anak jadi pelit sejak dini plus egois. Ngeri bener.





Seharusnya anak-anak diajari untuk hidup sewajarnya dan jadi dermawan. Karena untuk sedekah tidak harus menunggu kaya, bukan? Begini cara mengajarinya:


Mengajak Anak ke Panti Asuhan


Mengapa ada anak yang belum paham pentingnya berbagi? Karena mereka belum diajarkan. Oleh karena itu tahap pertama, anak diajak untuk ke panti asuhan.

Pexels


Di panti asuhan anak belajar bahwa ada anak lain yang kurang beruntung hidupnya. Dia jadi belajar untuk bersimpati dan berempati. Lama-lama kepekaan sosialnya tumbuh.



Menyumbangkan Sebagian Tabungan


Kalau anak sudah paham bagaimana kehidupan di panti asuhan, baru ajak untuk menyumbang. Misalnya dengan mengambil sebagian tabungan mereka (dan ditambah uang orang tua). Bisa diberikan berupa uang atau barang yang dibutuhkan oleh anak panti. 





Memberi Uang ke Pengemis / Kotak Amal


Ada yang masih anti memberi uang ke pengemis? Gara-gara berita pengemis rumahnya bagus blablabla. Bagiku ya sudahlah, itu urusan mereka kalau bohong dan sebenarnya bukan benar-benar miskin.


Anak tetap diajari berderma ya dengan memberi uang (meski recehan) ke pengemis. Kalau mau amannya, masukkan saja uang seikhlasnya ke kotak amal.



Belajar Berbagi di Rumah


Jika pelit adalah kebiasaan buruk maka bisa jadi terbentuk dari rumah dan saat masih kecil. Oleh karena itu anak perlu diajarkan untuk berbagi. Misalnya bunda punya 1 brownies, anak disuruh membagi rata. 



Tapi anak hanya boleh mengambil potongan terakhir. Dengan cara ini dia belajar untuk membagi rata dan bersikap adil. Serta tidak pelit.



Merayakan Ulang Tahun dengan Sedekah Jumat Berkah


Ulang tahun bisa dirayakan dengan berbagi. Misalnya dengan memberikan nasi kotak atau makanan lain saat hari Jumat. Bisa ditaruh di masjid atau dibagikan ke yang membutuhkan.


Mumpung anak-anak masih kecil, mereka wajib diajari untuk jadi dermawan. Caranya dengan diajak untuk berbagi dan mengajarkannya konsep sedekah. Jangan sampai kebalikannya, anak jadi sosok yang pelit dan menyusahkan banyak orang di masa depan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar