Rabu, 04 September 2024

Begini Rasanya Punya Anak Aktif

 Tadi pagi sekitar jam 10:30, ponselku berdering. Bunda guru Saladin menelepon. Ada apa? Ternyata, Saladin dilarikan ke Puskesmas karena tangannya luka, kena kaca di sekolah. Oh tidak!

Dengan berdebar-debar daku menunggu suami datang. Biasanya beliau work from home. Namun hari ini beliau ada pekerjaan mengelas di rumah tetangga. Jelang bedug akhirnya suamiku datang dan langsung menjemput Saladin ke Puskesmas.

Saladin Terluka Lagi

Kok bisa Saladin kena kaca? Ternyata dia tadi cooking class, bikin pizza bersama teman-temannya. Pas adonan sudah jadi dan akan masuk ke oven, eh dia bertengkar karena rebutan kursi. Saladin ngamuk lalu memukul kaca dan akhirnya luka sampai diperban.



Alhamdulillah ya tidak dalam lukanya. Hanya saja tangannya tidak boleh kena air selama 3 hari. Otomatis dia izin enggak sekolah sampai lusa (sabtu libur).

Saat Saladin sudah sampai rumah, dia makan nasi goreng dan minum air sari jeruk. Lantas kuberi satu sendok sirup obat penahan nyeri. Setelah itu air mataku tumpah, takut anak semata wayangku luka parah.



Saladin lalu minta maaf karena berperilaku kurang baik di sekolah. Kubilang akan ada banyak ruginya ketika dia merusak barang, bertengkar, dan ngamukan. Padahal ya baru sembuh kok ya luka lagi.

Read: Menghadapi Anak Pemarah

Iya, minggu lalu si bocah ketahuan nyeker dan kakinya tidak sengaja menginjak kawat. Alhamdulillah sudah diobati dan tidak usah suntik tetanus. BTW sekolahnya Saladin memang santuy dan anak boleh pakai sepatu, boleh pakai sandal, boleh nyeker asal pas masuk kelas / musala cuci kaki. Namanya juga sekolah alam jadi relatif bebas.

Read: Ketika Kaki Saladin Kena Kawat

Resiko Punya Anak Aktif

Begini rasanya punya anak aktif. Kudu siap-siaga, punya isi kotak P3K yang lengkap di rumah. Bahkan daku juga menyimpan beberapa plester luka di dalam dompet.



Sebenarnya kelakuan Saladin di usia 11 tahun sudah agak kalem, dengan catatan mood dan emosinya kudu distabilkan. Kalau dulu? Sampai pusing 7 keliling.

Bayangkan saja saat bocah belum genap 2 tahun usianya, sudah loncat dari atas sepeda lalu menyebrang jalan sendiri dan hampir ketubruk sepeda motor. Dia juga pernah beberapa kali hampir kejatuhan sepeda motor di garasi rumah. Untungnya slamett.



Dari umur 2 tahun bocahku emang hobi manjat lemari dan pohon. Di usia 7 tahun Saladin memanjat kulkas dan nyusruk, kulkasnya juga jatuh, pintu freezer-nya lepas. Untung masih bisa berfungsi dan tanpa ba-bi-bu kulkas langsung kukirim ke rumah mama.

Sabar dan Memberi Pengertian

Memang punya anak super aktif kudu super sabar seluas samudera. Enggak boleh ngamukan karena takut bakal ditiru. Tapi dengan kesabaran, kasih-sayang, dan pendidikan, daku yakin Saladin akan berubah jadi lebih baik.

Read: Jangan Pukuli Anakmu

FYI daku sudah pernah memeriksakan Saladin ke psikolog anak ya. Katanya bukan autis / ADHD / hiperaktif, karena masih ada pandangan matanya. Kalau dia manjat juga ada alasannya. Misalnya untuk mengambil mainan di atas lemari.



Sekarang saatnya mendidik dan memberi pengertian. Bahwa Saladin jangan marah saat di sekolah maupun di rumah, karena bisa dibicarakan baik-baik. Daku yakin dengan pelukan dan kasih-sayang maka dia akan jadi anak yang lebih pengertian dan tahu peraturan.

16 komentar:

  1. Ya ampun mamanya bener2 butuh panjang dan lebar sabar yaa menghadapi putranya super aktif ini.

    Salut sama Saladin karena dia sudah minta maaf atas prilakunya.

    Semoga bertambahnya waktu semuanya semakin membaik ya.

    BalasHapus
  2. Liat saladin jadi seakan liat kaca diriku sendiri mbak, hahaha. Soalnya kok ya sama persis, aku juga dulu pas kecil memang sebar-bar itu. Ya nanti lempar batu sampe kena pala orang lah, ya nendang motor orang ampe rubuh. Malah pernah dulu ninju pintu gubug di sawah gitu sampe jebollll... Serem ga tuh.

    Tapi yaaa, sekarang mah aku malah ngerasa lebih baik si. Lebih sabar dan ga kayak dulu. Mungkin yaa manusia kan berubah seiring waktu.
    Dulu aku suka dikasih air rebusan cacing sama orang tua. Itu ngaruh ga ya?

    BalasHapus
  3. Kebayang betapa cemasnya sampeyan, mbak, saat ditelpon bunda guru tentang kondisi Saladin yang harus dibawa ke puskesmas. Tapi, Saladin hebat ya. Dia minta maaf karena sudah berbuat tidak baik di sekolahnya. Keren.

    BalasHapus
  4. aku sedih bacanya, yampunn Saladin, ngamuknya sampe mecahin kaca, padahal masih 7 tahun. Beruntung nggak terlalu dalam ya mbak lukanya.
    Punya anak hiperaktif, orangtua kudu super waspada.
    Salut sama sikapnya yang minta maaf ke bundanya

    BalasHapus
  5. Waahh, kebayang harus sangat tenang dan bijaksana saat Saladin emosi. Memang perlu pemahaman luar biasa dan perlu perlakuan khusus dalam menanganinya. Tapi ku yakin suatu saat akan ada cara ibu untuk mengarahkan energi yang tak habis habis itu. Tapi Saladin beneran menyesal yah....

    BalasHapus
  6. Aku antara mau ngekek tapi juga kuatir dan paham banget yg mb rasakan 😅. Anak2' kayak Saladin ini aktifnya hrs disalurkan. Dan mereka ini sbnrnya pintar. Krn aku ingat anak kakak iparku. Sama kayak Saladin mb pas kecil. Sampe dibawa ke dokter. Dan dokternya malah marah. 'ini mah dia cerdas. Bukan hyper buuuu. Matanya fokus begitu'

    🤣🤣 Sejak itu mbak iparku ga berani bawa ke dokter lagi 😄. Terbukti skr anaknya memang pinter

    BalasHapus
  7. Syukurlah cepat ditangani ya, mungkin ada perkataan temannya yang memancing emosi anaknya. Walau bahaya juga nih ketika marah lalu mengamuk dan akhirnya jadi melukai diri sendiri. Semoga Saladin tetap bisa aktif dan tambah pintar sama sayang sm ortu ya, amin

    BalasHapus
  8. Untung Saladin gak sampe harus dirawat di RS mba, karena luka itu. Semoga Saladin tetap Sehat terutama mama dan papanya. Aku tau rasanya ngejaga anak itu seperti apa, apalagi Saladin termasuk anak yang aktif. Dan memang yang aktif tuh harus di salurkan, kalau gak pasti akan uring-uringan.

    BalasHapus
  9. Peluk virtual mba Avi. Kebayang banget rasanya tau anak terluka. Alhamdulillahnya mba Avi ini tipikal ibu yang sangat sabar serta penyayang.

    Bener, ngadepin anak yang aktif mesti dengan kasih sayang jangan sampe kebawa emosi, bisa bahaya. Semoga saja semakin mebertambah usia nanti Saladin semakin mampu meregulasi emosinya dengan baik ya mba. Pastinya butuh waktu dan proses.

    Lekas sembuh ya Saladin. Semoga bisa beraktivitas seperti biasa dan semangat sekolahnya 😇

    BalasHapus
  10. Ya ampun, memiliki anak aktif sebenarnya kebanggaan tersendiri untuk orang tua ya mbak
    Karena anak artinya sehat dan kuat
    Tapi emang bikin deg deg an ya
    Takut anak melakukan hal hal yang mengancam bahaya dirinya sendiri
    Takut anak terluka pastinya
    Semoga lekas sehat ya Saladin
    Semoga nanti keaktifannya lebih hati hati lagi

    BalasHapus
  11. Kalau punya Ananda yang memang aktif, harus lebih ekstra hati-hati dalam pengawasan dan juga harus lebih mengajarkan harus berhati-hati dalam setiap tindakan. Karena ketika melakukan berbagai hal memang kadang-kadang kurang memperhatikan situasi. Apalagi ketika di usia yang lagi aktif2nya

    BalasHapus
  12. Mba saya selalu suka dan menunggu tulisannya tentang anaknya loh, selalu ada cerita baru dan menarik yang bisa saya baca soal perenting, temasuk punya anak yang aktif itu jadi bahan renungan tersendiri buat saya, sehat selalu mom dan Saladin

    BalasHapus
  13. hihi energi ikutan banyak mengikuti aktivitas anak aktif ini yah :D untunglah dik saladin tidak apa-apa. di sisi lain, berarti ananda cocok untuk kegiatan yang banyak aktifitasnya ya karena aktif. semoga lekas sembuh ya dan berhati2 ke depannya

    BalasHapus
  14. Punya anak aktif bener2 menguji kesabaran dan bkin sport jantung ya Mba..
    Anakku yg kedua nih cewek tpi lebih aktif dri kakaknya yg cowok. Mana kinestetik nya kuat bgt, umur 2thn jga manjatin pintu kulkas, naik tralis jendela sampe pol atas. Moga kita diberi kesabaran selalu ya mbaa

    BalasHapus
  15. Saladin mirip putra ketigaku waktu kecil Mbak. Lompat sana-sini, nyebrang seenaknya dia sehingga berkali-kali hampir ditabrak lalu diomeli sama pengendara, hahaha.
    Seiring waktu, si putra ketigaku ini semakin dewasa dan pelan-pelan sifat super aktifnya berkurang.
    Dan sekarang sifat super aktifnya itu menurun ke anaknya, padahal anaknya perempuan. Suka manjat kulkas, jendela dsb. Saat dia mengeluh, saya hanya senyum-swnyum sambil mengingatkan, "jangan marah, itu kamu dulu di usia yg sama."

    BalasHapus