Selasa, 27 Agustus 2024

Work Life Balance saat Bekerja dari Rumah, Apa Bisa Dapat Uang sambil Asuh Anak Sendiri?

 Ada yang WFH (work from home) sampai sekarang? Istilah ini viral saat masa pandemi dan ternyata kerjaan semacam ini makin banyak. Asal ada gadget dan jaringan internet, kerja bisa di mana saja.



Nah daku sudah WFH jauh sebelum pandemi, tepatnya di tahun 2011. Mulai dari berbisnis percetakan, jualan pizza homemade, mengajar kursus bahasa inggris online, marketing berbagai produk, dan penulis konten.

                                        Dough pizza

Sampai pas masuk dapur ngoceh sendiri dan keceplosan bilang, “Ini perangkatnya perlu diganti” padahal yang dimaksud itu wajan, nah kenapa daku jadi kepikiran perangkat keras dan lunak, wwkwk. Intermezzo dikit ya.

Serunya Work from Home

Karena sudah malang-melintang dan menghadapi berbagai klien, maka daku bakal cerita kalau WFH kadang tidak seindah ekspetasi. Beneran deh, soalnya banyak orang yang bilang, “Kamu enak ya, kerja di rumah, bisa sambil mengasuh anak, bla bla bla.” Padahal kenyataannya?

Bayangkan situasi ini: seorang ibu yang memakai daster, sedang sibuk mencetak kartu undangan. Di sebelahnya ada bayi yang berkeringat. Sudah saatnya mandi sore dan sang ibu masih belum bisa menyentuhnya karena nanggung, kerjaan sebentar lagi selesai.

                            contoh desain kartu undangan - karya pak suami

Atau situasi seperti ini: seorang ibu baru saja melahirkan 24 jam lalu dan masih di RS. Anaknya ada di ruang bayi, si ibu masih kelelahan dan masa pemulihan. Ponselnya berdering, ternyata ada calon klien yang minta dibuatkan undangan ulang tahun.

                                       contoh desain kartu undangan - karya pak suami

Ibu itu adalah dakuuu dan emang seperti itu gambaran work from home. Nyaris 24 jam kerjanya, dan seru karena menentukan target sendiri dan bekerja sama dengan orang lain. Namun bagaimana dengan nasib si anak?

Apa Anaknya Dicuekin?

Salah satu mitos yang beredar di masyarakat adalah: jika ibu bekerja maka anaknya tidak dihiraukan, tak peduli kerja di luar atau di dalam rumah. Hei, siapa bilang? Sebenarnya bisa kok WFH tanpa nyuekin anak. Lah kita kan kerja juga buat beli diapers dan baju-baju baru buat dia?

Tips agar Anak Tetap Terurus Meski Sibuk Terus

Kunci dari work life balance ketika WFH adalah tidak usah terlalu perfeksionis dalam segala hal. Memang ya, kerja di rumah banyak tantangannya. Daku sering kok menemui klien sambil gendong Saladin (yang kala itu masih bayi), masak sambil mikir strategi jualan, dll.

                         Contoh desain stiker - karya pak suami

Namun tantangan bukan berarti rintangan dan sebenarnya yang perlu diturunkan adalah ekspetasi dan tuntutan kesempurnaan. Alias jangan terlalu memaksakan diri. Kalau anak nangis, ya digendong dulu, didiamkan. Atau, kerjanya nunggu dia tidur, dan resikonya adalah mengorbankan waktu tidur.

Nanti lama-lama bisa kok WFH dan atur waktu. Anak akan sekolah dan orang tua yang WFH bisa punya kebebasan bekerja. Baru pas anak pulang, diurus lagi, dan pas dia tidur siang atau les di sore hari bundanya baru lanjut kerja lagi.

                                           Hias uang mahar - karya pak suami

Turunkan ekspetasi adalah: kalau belum bisa hire asisten rumah tangga, rumah cukup disapu dan dipel, dan beberes seperlunya. Tidak sempat masak? Beli saja atau langganan katering. Baju dimasukkan ke laundry.

Jika urusan rumah beres dan kerjaan sudah selesai, maka bunda bisa mengasuh dengan tenang. Anak-anak juga wajib diberi pengertian. Bahwa bundanya buka HP / laptop bukan untuk main game, tapi buat bekerja, jadi mereka paham dan tidak ngerecokin.

Mengejar Posisi Work Life Balance

Memang menuju work life balance butuh strategi dan kesabaran, juga dukungan dari keluarga (terutama suami). Anak-anak bisa happy karena bundanya di rumah terus (meski sambil bekerja). Bundanya juga tenang karena bisa mendapatkan penghasilan.



Intinya jangan memaksakan diri untuk jadi sempurna. Anak-anak hanya butuh bunda yang bahagia, bukannya yang suka marah gara-gara rumah diberantakin terus, sementara deadline sudah dekat. Bunda juga wajib atur hati dan jaga emosi, agar mood terus baik, semangat kerja, dan mengurus anak-anak dengan kasih-sayang dan keikhlasan.

13 komentar:

  1. Suami mu serba bisa ya Mbaaa 👍👍👍👍.

    Aku kalo baca ini inget Rey sih, yg ngerjain segala sesuatu sendiri. Saluuut, tanpa asisten rumah tangga pula . Ga mudah, pastinya.

    Butuh kesabaran tingkat tinggi kayak yg mba Vina tulis. Perlu nurunin ekspektasi dan standard, supaya si ibu ga stress sendiri.

    Saluuut banget utk ibu2 yg bisa bertahan kerja dari rumah sambil mengasuh anak. ❤️❤️. Semoga makin lancaaar rezekinya

    Dulu zaman aku kerja, sempet ngerasain pandemi, dan hrs wfh..itu susah Krn keterbatasan fasilitas. Apalagi akses utk buka sistem kantor ga bisa sembarangan. Krn menyangkut data nasabah. Yg ada stress banget Krn JD rempong tanya sana sini yg bisa buka akses.

    Suami aja tiap WFH, dia bakal di kamar kerja tertutup, ga mau direcokin siapapun. Kebayang kalo anak2' ga ada yg jaga.

    Jadi memang ga semua orang bisa kerja dengan sistem begini.

    BalasHapus
  2. Jujur aja juggling dari satu kerjaan ke kerjaan lainnya itu cukup menguras energi. Switching fokus itu melelahkan, lagi tengah-tengah ngadon anak menangis... atau nulis sambil ngawasin anak makan.

    Tapi kalau aku hanya bengong dan melakukan satu kegiatan aja, pasti bosan dan jadinya energiku yang besar ini nggak tersalurkan. Efeknya pasti rewel dan marah-marah sendiri. Jadi, meskipun sibuk WFH, aku nikmati dan jalani aja.. :D

    BalasHapus
  3. Banyak yang mikir kalo WFH itu mudah menyenangkan namun ternyata di belakangnya banyak keriwehan yg terjadi ya mba...
    Setiap kondisi pekerjaan memang ada konsekuensinya masig2 ya mba tinggal bagaimana kita pinter atur strategi biar kedua nya berjalan beiriringan

    BalasHapus
  4. Menurunkan ekspektasi itu sebenarnya mudah, tapi harus sama2 suami istri. Kadang yg bikin istri kewalahan karena suami jg menuntut. Tapi kalau rumah ga bisa bersih2 bgt dan suami gak mempermasalahkan itu, maka ibu jg gak stres. Pernah di posisi itu, alhamdulillah dpt suami yg memang gak byk nuntut, kalo aku gak sempet ngerjain, beliau kerjain sendiri, suka bikin minum kopi sendiri, nyeplok telor sendiri, jadi kitanya jg gak stres meski punya bayi dan sambil wfh

    BalasHapus
  5. Relate sekali, emang kenyataan wfh itu ga seenak yg terlihat dri luar. Aku tipe orang yg gampang terdistraksi, jdi malah gampang ke trigger emosinya klo nyambi2 gitu..
    Salut deh yg bsa work life balance dgn Ciamis, semangat terus yaa

    BalasHapus
  6. Setuju banget kata-kata "bunda bahagia". Anak itu leih membutuhkan orang tua yang bahagia... dan dampaknya akan terasa hingga si anak dewasa dan membangun keluarga sendiri.

    BalasHapus
  7. Menyeimbangkan pekerjaan dan mengasuh anak memang tidak mudah, apalagi saat bekerja dari rumah. Saya setuju bahwa membuat jadwal yang jelas dan memiliki ruang kerja yang terpisah sangat membantu. Tapi, yang paling penting adalah belajar untuk me-manage ekspektasi, baik dari diri sendiri maupun dari pekerjaan.

    BalasHapus
  8. Masya Allah mba Avi, aku salut dan kagum banget sama dirimu yang sudah malang melintang di dunia per WFH an yang ternyata pas dijalani tidak semudah bayang hehehehe.

    Aku baru ngerasaain WFH pas pandemi melanda, awalnya ngerasa stress banget karena berasa enggak ada jam kerja dan harus standby kapan pun. Huaahhh pokoknya masa adaptasi itu amazing banget. Butuh strategi dan to do list pisan ini tuh biar semua terhandle dan urusan keluarga aman.

    Yup, setuju banget mba kalau work life balance itu butuh strategi yang tepat. Kudu pintar dan cermat atur waktu sama paham skala prioritas. Sebuah tantangan juga sih ngadepin beragam klien. Makasih sudah menulis artikel ini, inspiratif sangat.

    BalasHapus
  9. work life balance memang perlu sesekali, tapi kadang susah buat ngatur waktu. Memang kudu pinter pinternya kita juga mengatur, bagaimana biar kerjaan ga keteteran dan hidup kita juga ga terus-terusan kayak dikejar Belanda #ehhh

    BalasHapus
  10. Semenjak pandemi work from home menjadi sesuatu yang lumrah dan ternyata bisa dilakukan oleh hampir setiap orang. Dan memang harus benar-benar bisa menyelaraskan antara kerjaan dan kehidupan sehari-hari supaya bisa berjalan semuanya dengan mulus. Tidak mudah tapi bisa

    BalasHapus
  11. Bekerja dari rumah memang sangat menantang ya
    Apalagi kalau anak anak masih belum bisa mandiri
    Kuncinya sih buat manajemen waktu plus kesepakatan bersama ya

    BalasHapus
  12. WFH sambil ngasuh anak ini pasti gak mudah banget.
    Dan yang bikin gak mudah kadang pelampiasan stresnya bukan ke kerjaan, tapi ke anak atau suami. Kan ini bisa jadi bahaya banget yaa..

    Jadi memang kudu dikerjain dengan mindful dan mengatur skala prioritas. Kalau memang belum bisa, turunkan ekspektasi. Gak perlu banding-bandingin sama orang lain dan hanya berfokus pada diri sendiri, anak dan suami.

    BalasHapus
  13. Keren banget sih pasangan yang kreatif dan produktif, ada saja idenya menghasilkan cuan..memang kerja di rumah tuh harus ekstra ya, jangan spai asyik kerja malah anak terabaikan..

    BalasHapus