Jumat, 09 Agustus 2024

Sekolah kok Hanya Bakar Sate dan Bersih-Bersih?

 

Hari rabu adalah hari yang menyenangkan buat Saladin karena ada cooking class. Iyaa, semua murid diajak memasak pas rabu (3 minggu sekali) gantian dengan craft day dan sport day. Menu kali ini adalah sate ayam dan es teh susu.


 

Saladin kebagian tugas bawa dada ayam. Ada teman yang lain yang bawa kecap, bumbu, teh, dll. Para murid juga bawa bekal nasi (tapi bocahku minta dibawakan nasi goreng). Mereka makan sate dengan gembira, dan Saladin juga dengan bangga bercerita kalau dia bantu bunda gurunya mengaduk es teh susu.

Sekolah yang Aneh

Setelah kegiatan memasak selesai, di grup wali murid di-share foto dan videonya. Daku juga repost fotonya di sosmed. Namun sayang sekali ada yang berkomentar ‘sekolah kok hanya bakar sate’? Karena Saladin ada di SD, bukan di SMK jurusan tata boga.

 


Bukan sekali ini Saladin dianggap belajar di sekolah yang ‘aneh’. Memang masih ada yang belum paham konsep sekolah alam. Atau belum banyak juga sekolah yang punya kegiatan cooking class.

Pentingnya Mengajari Anak Memasak

Padahal penting banget lho mengajari anak memasak karena ini basic skill. Minimal bisa menanak nasi di rice cooker, bikin teh dan kopi, lalu masak telur mata sapi atau dadar. Kalau anak bisa masak dan didampingi oleh guru kok malah dianggap aneh?


 

Cooking class di sekolahnya Saladin sudah diadakan beberapa kali (setelah pandemi selesai). Dia pernah praktek bikin roti bakar, es markisa, dan berbagai hidangan lainnya.

Baca: Anak Laki-Laki Memasak, Emang Bisa?

Wajib Bersih—Bersih Juga dong!

Selain kelas memasak, Saladin juga dianggap ‘ajaib’ karena sekolah di tempat yang menekankan kebersihan. Ada piket tiap hari, Saladin biasanya kebagian tugas menyapu lantai mushala sekolah (meski awalnya dikawal oleh bunda guru). Kegiatan ini dinamakan ‘belajar lapangan’.

 


Bersih-bersih bukan sekadar tidak buang sampah sembarangan. Namun juga memastikan semuanya rapi dan bersih. Kalau kata Bunda Wanda (kepala sekolah), belajar lapangan itu penting untuk mengajarkan tanggung jawab ke para murid. Jadi kelak saat dewasa mereka lebih rajin dalam bekerja.

Pembelajaran di Sekolah Alam yang Berbeda dari Sekolah Konvensional

Memang pembelajaran di sekolah alam beda jauh dengan sekolah konvensional karena lebih banyak praktek daripada teori. Misalnya untuk kelas science ya yang dipegang tumbuhan yang asli, bukan foto yang ada di buku. Saladin juga pernah wisata ke pasar hewan dan tanaman lalu dijelaskan oleh bunda-bunda gurunya.

Sekolah yang Sesuai dengan Visi dan Misi Parenting Orang Tua

Jadi, kalau ada yang heran dan tanya kok sekolah hanya diajari bakar sate? Atau di sekolah malah nyapu melulu, daku senyumin aja. Karena dari kegiatan-kegiatan di sekolah sangat sesuai dengan visi dan misi parenting orang tua.


 

Selain tentang kebersihan, daku suka dengan konsep rajin beberes untuk mengarahkan anak dalam bertanggung jawab. Hasilnya, Saladin jadi memiliki inisiatif yang tinggi. Habis makan nasi goreng dan sate, dia cuci kotak bekalnya sendiri. Di lain hari dia juga tanggap dalam membantuku mengambil baju yang sudah kering di jemuran.

Sekolahnya Saladin memang berbasis karakter. Yang perlu diingat, belajar bisa dari mana saja dan dari kegiatan yang tampak ‘remeh’ seperti membakar sate. Belajar tak melulu dari buku karena anak-anak juga wajib untuk mempraktekkannya.

21 komentar:

  1. Seru banget kegiatan di sekolah Saladin 🤩 Sekolah alam yang berbasis karakter memang lebih banyak melakukan beragam kegiatan ya mba. Salah satunya cooking class, bagus nih ngajarin anak-anak lebih mandiri juga.

    Anak terbiasa praktek, bakalan cepat tanggap dan juga memperoleh banyak pembelajaran dari setiap proses praktek yang ia peroleh dari sekolah🥰

    Semangat terus membersamai & berbagi cerita terkait parenting mba serta keseharaian Saladin, mba 😇

    BalasHapus
  2. Whaaah, dulu saya malah nunggu-nunggu banget sesi belajar masak waktu di SD Negeri. Manalah ada drama kompornya kebakaran pulak, hahaha

    Menurutku SD juga harusnya masih banyak main si. Ga yang terus-menerus dikasih pelajaran, sesekali refreshing boleh lah. Toh, yang diajarinnya juga bakal kepake banget di usia dewasa kelak.
    Buatku yang namanya masak, nyuci, beberes itu basic skill yang harus banget dimiliki.

    BalasHapus
  3. ternyata saladin sekolah di sekolah alam yaaa...kalo sekolah alam kan memang banyak berinterksi langsung yaa lebih banyak praktek daripada teori..setiap sekolahan pasti punya concernya masing2...yg nyinyirin gak usah dimasukin hati bun mungkin mereka memang belum paham konsep sekolah alam :)

    BalasHapus
  4. Yang paling tau sekolah yg cocok sama anaknya ya si ortu dan anak itu sendiri. Orang lain mah harusnya support, bukan komentar aneh2 yak (lah kok saya yg ngegas) hahaha. Aku suka konsep sekolah alam ini, tapi di kotaku lokasinya jauhhh dari rumahku. Trus harganya jg gak murah kan, jangan dikira karena di alam trus murmer gitu, wkwkwk. Btw, ini samaan kaya sekolah anakku kalo rabu suka ada cooking class, atau farming atau swimming, meskipun sekolah anakku konvensional

    BalasHapus
  5. ini harus sebenarnya diajarkan di sekolah menurutku termasuk sekolah formal hehehe soalnya memasak adalag salah satu kemampuan untuk bertahan hidup dan mandiri. Ada banyak hal yang berhubungan dengan hidup lainnya yang memang harus diajarkan sejak dini sih menurutku

    BalasHapus
  6. Padahal memasak adalah life skill yang seharusnya semua orang bisa melakukan. Senangnya sekolah alam ya seperti ini ya
    Nggak hanya soal akademis saja, tapi juga belajar keterampilan hidup

    BalasHapus
  7. waktu aku tau ada yang namanya sekolah alam jadi mikir "ini sekolah keren bangett yak", konsepnya unik, anak-anak beneran diajak buat terjun langsung gitu, dan nggak melulu duduk di ruang kelas aja.

    Ternyata di sekolah alam juga diajarin kayak tata boga gini ya mbak, senengg banget, aku juga mau, sayangnya sudah bukan anak SD lagi

    apalagi kalau guru-gurunya mendukung dan suportif juga, sekolah jadi betah pokoknya

    BalasHapus
  8. Di jakarta, sekolah alam ini muahaaaal. Dan ga banyak. Trus di Jaksel kebanyakan 🤣🤣🤣. JD ga mungkin aku sekolahin anakku di sana, walopun sebenernya fylly cocok banget di sekolah yg begitu.

    Tp Krn jarak tadi, memang ga memungkinkan. Dia bisa2 berangkat jam 4 subuh dari rumah biar ga telat 🤣

    Sekolah yg begitu sebenernya yg aku suka mba. Sayangnya memang msh terbatas sekali yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jauuuh banget ya kak Fanny? Berapa km? Kalo kejauhan ya kasihan anaknya.

      Hapus
  9. Seru ya sekolah Saladin, anak-anakku waktu TK masuk sekolah biasa tapi penerapannya seperti sekolah alam, banyak praktek dan mainnya, ke minimarket, museum, dll jadi anak tak sekadar belajar dari buku

    BalasHapus
  10. Sekolah Alam di Bandung tuh memang dari segi lokasi, mashaAllaa yaah.. indah sekali sekaligus menantang sekali. Kalau gak pas hujan, aman. Kalau pas ujan tuh yang mau parkir dan lain-lain.

    Makanya selalu salut sama orangtua yang menyekolahkan anaknya di Sekolah Alam. Karena tantangannya gak hanya datang dari circle terdekat, tapi tantangan orangtua buat konsisten "ikutan" mendampingi anak mendapatkan value terbaik selama pembelajaran juga kudu ditanamkan secara kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa rata2 jauh karena sekolah alam cari tempat yg lapang.

      Hapus
  11. Bcain tulisan mama Saladin ini selalu memberikan sudut pandang baru bagi saya mba, selalu ada inspirasi baru dan pengetahuan baru soal parenting, seru ya sekolah alam ini yang justru menurut saya unik dan membuat tacit knowledge anak-anak semakin berkembang

    BalasHapus