Kamis, 29 Agustus 2024

Review Novel Perahu Kertas, Bisakah Kau Menemukan Cinta Sejati?

 

Siapa fans ibu suri alias Dee? Kalau daku sudah baca beberapa bukunya, mulai dari Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh, Akar, Petir, Madre, dan Filosofi Kopi. Nah, novel Perahu Kertas sebenarnya sudah pernah kubaca waktu masih kuliah dulu. Namun kemarin baca lagi dan ngebut, sehari selesai, baru deh bikin review Perahu Kertas.


 

 

Penulis: Dewi Lestari (Dee)

Tebal: 444 halaman

Tahun: 2009

 

Mengapa berjudul ‘Perahu Kertas’? Karena tokoh utamanya suka membuat surat dan dibentuk jadi perahu, lalu dimasukkan ke sungai. Dengan harapan suratnya ditemukan oleh Neptunus (sungai kan bermuara ke laut dan Neptunus – dalam mitologi Yunani – adalah dewa laut). Memang ada orang seperti itu?

Kugy yang Unik

Adaaa yaitu Kugy. Cewek yang unik karena selain suka mengirim surat ke Neptunus, dia juga suka lagu-lagu tahun 80-an. Padahal setting novel Perahu Kertas adalah tahun 1999-2000an awal. Gaya berpakaiannya juga bebas dan sedikit tomboy.


 

Kugy pindahan ke Bandung, kuliah di Fakultas Sastra (tidak disebutkan nama kampusnya). Dia satu kos bareng Noni, sahabatnya. Mereka bertiga naik mobil yang dinamai Fuad, dan disetiri oleh Eko, pacar Noni yang juga sahabat Kugy.

Kugy unik banget dan dia 5 bersaudara. Semua berawalan K seperti Karel, dll. Jadi ingat novel Home Sweet Loan karena banyak tokohnya yang juga berawalan huruf K.

Read: Review Home Sweet Loan

Keenan yang Artistik

Kembali ke review Perahu Kertas. Kugy berkenalan dengan Keenan, sepupu Eko, yang sama-sama kuliah di Bandung. Meski Keenan kuliah di jurusan manajemen, dia hobi melukis. Kugy dan Keenan sangat ‘nyambung’ dan mereka jadi sahabat akrab, dan sama-sama berzodiak Aquarius.


 

Kedekatan Kugy dan Keenan membuat mereka diam-diam saling jatuh cinta. Namun Kugy tidak bisa jujur karena dia sudah punya pacar di Jakarta, bernama Joshua. LDR emang ribet yaa?

Kedatangan Winda

Noni menjodohkan Keenan dengan Winda. Dia harap Keenan bisa cocok karena Winda adalah anak pemilik galeri seni. Winda langsung jatuh cinta dan membantu karir Keenan sebagai pelukis profesional. Sementara Kugy shock berat dan pelan-pelan menjauh, bahkan absen dari pesta ulang tahun Noni karena diadakan di rumah Winda.

Kepergian Keenan

Keenan sadar kalau Kugy menjauhinya. Cewek itu menyibukkan diri dengan jadi relawan guru di Sekolah Alit. Sementara Keenan semakin semangat melukis, apalagi setelah Winda mengabari ada 4 lukisannya yang terjual.


 

Akan tetapi Winda bohong karena dia mengaku (dalam keadaan mabuk) kalau lukisan Keenan dibeli olehnya sendiri. Keenan marah besar dan mengembalikan uang Winda. Dia sudah terlanjur berhenti kuliah (yang memang tidak sesuai dengan keinginannya). Lantas Keenan pergi ke Bali, ke tempat Pak Wayan, sahabat ibunya, yang seorang pelukis.

Kugy Belajar Mandiri

Kugy kacau-balau. Keenan menghilang. Akhirnya Kugy pindah kos-kosan dan dia bertekad untuk cepat lulus kuliah. Setelah jadi sarjana, Kugy kembali ke Jakarta dan magang di sebuah kantor advertisement. Di sana, dia malah ditaksir oleh Remi, bossnya sendiri.


 

Sementara Keenan menyepi di Bali dan melukis terus-menerus. Ada keponakan Pak Wayan bernama Luhde yang naksir dia. Bisakah Keenan melupakan Kugy dan melabuhkan hatinya pada Luhde? Akankah Kugy juga move on dari Keenan? Baca sendiri hahahahha no spoiler ending.

Kesanku Setelah Baca Ulang Novel Perahu Kertas

Beneran daku gemes banget ama tokoh Noni karena kok bisa dia enggak sadar kalau Kugy diam-diam naksir Keenan? Malah jodohin Keenan dengan Winda. Noni juga marah besar dan tidak menyapa Kugy sampai 3 tahun hanya karena dia tidak datang ke pesta ulang tahunnya. Eko ingin memperbaiki hubungan mereka tapi Noni malah cemburu.


 

Karena daku baca 2 kali maka baru sadar betapa Dee berjuang sebagai seorang penulis. Dia memberi tahu kepada para pembaca, jika punya cita-cita maka tak apa mengambil jalan memutar, dan akhirnya baru ke tujuan yang sebenarnya. Seperti Kugy yang ingin jadi juru dongeng tapi memutuskan untuk magang kerja di perusahaan periklanan terlebih dahulu.

Persahabatan Bisa Kacau Gara-Gara Urusan Cinta

Awalnya Kugy dan Keenan bersahabat tapi berubah jadi cinta. Menurutmu bagaimana, haruskah sahabat jadi cinta atau jadi sohib aja?

Masalah Komunikasi antar Manusia

Di novel Perahu Kertas digambarkan kalau Kugy, Keenan, dan Noni sama-sama punya kesulitan dalam berkomunikasi. Keenan menjauh dan tidak kasih kabar. Kugy juga menghilang serta mematikan ponselnya kala ia galau.


 

Teknologi yang Semakin Berkembang

Nah karena novel ini setting-nya sekitar 24 tahun lalu maka diperlihatkan alat komunikasi: telepon rumah dan ponsel. Sudah ada HP tapi sepertinya masih 2G. Coba kalau sudah ada teknologi terkini dan medsos ya, sejauh-jauhnya Keenan dan Kugy, masih bisa dicari via akun medsos atau berita di koran online.


 

Novel Perahu Kertas sudah difilmkan dan tokoh Kugy diperankan oleh Maudy Ayunda. Tapi aku belum nonton, euy! Sekian review Perahu Kertas. Kalian suka baca bukunya dulu sebelum nonton filmnya?

 

8 komentar:

  1. aku kebalikan mbak, sudah nonton tapi belum pernah baca novelnya wkwk. kapan2 mau baca aah, thanks review nya mbaak

    BalasHapus
  2. Udah lama baca bukunya
    Pun film-nya sudah
    Namun, belum sempat juga dituangkan di blog
    Mungkin terlalu kompleks isi kepala saya

    BalasHapus
  3. Ini kayaknya jadi banyak banget ya yg ngereview Perahu Kertas akhir2 ini, berasa kayak comeback epic! Hehee.. aku sampe lupa ceritanya kayak gimana saking udah lama bacanya, karena baca review ini jadi pengen baca ulang

    BalasHapus
  4. Wah, Perahu Kertas lagi jadi bahan obrolan nih, jadi benar-bena rpengen ikutan baca. Apalagi sudah difilmkan, jadi tambah penasaran

    BalasHapus
  5. Belum baca bukunya, belum nonton filmnya, tapi udah baca reviewnya. Jadi pengin baca dan nonton.

    BalasHapus
  6. Menarik sekali ya..aku soale sempat melihat sedikit film nya jadi pas baca ini aku sambil membayangkan hehehe

    BalasHapus
  7. Sesungguhnya aku amat empati dengan gadis Bali yang suka sama Keenan, huhu... sedih bangeet, Naann, kok tegaaaa ngunu.. :')

    Baca buku ini juga aku kilat, karena penasaran banget dengan ceritanya. Menurutku ini yg paling romance dari buku-bukunya Dee sih.

    BalasHapus
  8. kalau enggak baca lagi disini, aku lupa deh, gimana ceritanya. Dan... jadi ingat masa remaja dulu. Sudah lama ya buku ini hadir di tengah -tengah kita. Tetap related jika di play dan dibaca untuk saat ini

    BalasHapus