Kamis, 22 Agustus 2024

Review Novel Home Sweet Loan, Ketika si Lajang Berjuang untuk Beli Rumah Sendiri

 

Beberapa hari lalu daku baca di X kalau novel Home Sweet Loan dijadikan film dan bakal tayang September ini. Wahh, asyik! Namun jadi ingat kalau sudah baca buku ini sampai 2 kali, dan baca lagi buat bikin review Home Sweet Loan.

Nah ini data bukunya:

Penulis: Almira Bastari

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun  : 2022

 

Pas awal baca fokus ke kata loan dan ternyataa inti dari ceritanya adalah cewek yang pengen beli rumah sendiri, dan proses kreditnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Padahal dulu kupikir kalau ada uang ya cuss aja beli rumah, ternyata enggak gitu YGY. Memang kenapa sih kudu beli rumah sendiri? Bukannya si tokoh utama masih lajang?



Iyaa si Kaluna adalah anak bungsu dan dia wanita karir yang belum menikah. Namun dia pengen beli rumah / apartemen sendiri karena sudah sumpek hidup di rumah orang tuanya. Bungsu tapi kagak dimanja sama sekali, malah dibikin mumet. Lanjut lagi baca review Home Sweet Loan, ya!

Derita Anak Bungsu

Kaluna punya dua kakak bernama Kanendra dan Kemala. Mereka sudah menikah dan beranak-pinak tapi masih serumah dengan orang tua. Bisa dibayangkan ramenya seperti apa?



Si bungsu jadi menderita demi kebahagiaan kakak-kakaknya. Kaluna di pindah ke kamar paling sempit di rumah, karena kamar lamanya dipakai oleh sang keponakan. Ibunya juga pusing karena jadi tukang masak plus babysitter gratis.

Pas baca bagian ini bener-bener geraaam. Jadi ingat deh kalau orang Jawa jaman dulu punya pamali. Satu rumah tidak boleh dihuni oleh lebih dari 2 keluarga karena bakal bikin rezeki seret. Logikanya, kalau rumah terlalu ramai pasti banyak gesekan dan pertengkaran, dan akhirnya kerja jadi enggak fokus.

Intermezzo, film Home Sweet Loan tayang tahun 2024 ini dan mbak Lala (kawan blogger) sudah nonton duluan, ketemu Derby Romero pula! Wah, simak pengalaman nonton film Home Sweet Loan ya.

Bagian Umum yang Selalu Disuruh-Suruh

Kaluna di rumah mumet, di kantor juga jadi bagian umum yang berarti harus siap disuruh-suruh. Mulai dari nyiapin ATK sampai tiket pesawat (kalau ada rekannya yang dinas luar).



 Kerasa bener capeknya, tapi dia tetap bekerja demi cita-cita beli rumah sendiri.

Pacar yang Beda Gaya Hidupnya

Kemumetan Kaluna masih berlanjut karena sang pacar yang punya gaya hidup berbeda jauh. Keluarganya jauh lebih kaya dan si pacar cuek saja beli sepeda seharga 50 juta rupiah!

                       Kaluna (sumber: akun X Visinema Picture)

 Terus mereka malah putus karena Kaluna capek harus mendekati calon ibu mertua yang sinis, dan malah disuruh beli mobil yang lebih bagus oleh sang pacar.


Sahabat yang Mendukung Kaluna

Yang daku suka dari buku ini (dan buku-buku karya Almira Bastari) adalah kehadiran para sahabat yang jadi support system. Kaluna punya best friends: Danan, Kamamiya, dan Tanish, yang mendengarkan apapun masalahnya. Senangnya kalau di dunia nyata ada circle seperti ini.

Berhasilkah Kaluna Beli Rumah Sendiri?

Dengan segala kerumitan hidupnya, Kaluna harus menanggung cobaan lagi ketika sang kakak tertipu: mau beli tanah tapi ternyata sertifikatnya palsu. Padahal sebagian uang pembelian adalah hasil menggadaikan surat rumah orang tuanya, ke lintah darat!

                                  Teaser picture fim Home Sweet Loan, Derby berperan sebagai Danan

Rumah belum dibeli, rumah orang tua terancam disita. Pusing bener! Bagaimana cara Kaluna beli rumah kalau kayak gini? Ending-nya rahasia biar enggak spoiler.

Kesanku Setelah Baca Home Sweet Loan

Buku ini beda bangeeet ama karya Almira yang lain. Karena daku sudah baca Resign! (yang bikin ngakak terus) dan Melbourne Wedding Marathon (ada lucu-lucunya juga). Namun di Home Sweet Loan, setengah bagian awal isinya penderitaan Kaluna. Nyesek bener!

Read: Review Melbourne Wedding Marathon

Kalau ada Kaluna di dunia nyata pasti dia menderita banget, gara-gara ulah kakak-kakaknya. Moral of this story: kalau sudah menikah mbok ya cari kontrakan / sewa rumah petak / beli rumah sendiri. Kecuali kalau ortu atau mertua sudah sangat sepuh dan sakit-sakitan, baru boleh serumah. Itupun kudu sabar karena pasti ada konflik.


                               Almira Bastari

Tapi novel ini happy ending kok dan bagus buat bahan bacaan. Enggak sekadar menghibur, tetapi para pembaca juga dapat ilmu baru tentang keuangan dan tips membeli rumah. BTW harga rumah dan apartemen di Jakarta gila-gilaan ya, kuat banget kalian yang beli di sana.

Yang paling daku suka adalah pemilihan nama tokoh yang bagus dan kebanyakan berawalan huruf K: Kaluna, Kuncoro, Kanendra, Kemala, Kamamiya. BTW sudah, sekian dulu review Home Sweet Loan, kalian apa suka baca karya Almira Bastari?

 

 

 

 

9 komentar:

  1. Aku juga sudah baca novel ini dan merasa relate banget sama Kaluna. Meski aku bukan anak bungsu. Tapi punya sodara yang sudah menikah tapi masih ngintilin orang tua tuh rasanya 'hih' banget dah. Memang mending, kitanya yang beli rumah atau tempat tinggal sendiri.

    BalasHapus
  2. Aku baru semalem nyelesein baca novelnya. Dan asli sih, banyak part yang nyesek.. karena emang ngerasa agak relate aja sama kehidupan.
    Kebetulan Thina juga anak bungsu, dan kakaknya masih ada yang nyusahin orangtuanya. Thina kecipratan apesnya mulu

    Terus pas kapan Ayahnya thina berpulang. Salah satu rumah peninggalan bapaknya thina juga dijual, tapi duitnya malah dipake salah satu kakaknya tanpa persetujuan. Dan ibunya malah mbelain kakaknya.

    Asli sih, kerasa relate banget pas baca novel ini. Jadi penisirin sama filmnya nanti hehehehe

    BalasHapus
  3. Aku pernah baca beberapa kali, buku karya
    Almira Bastari berjudul Resign mba. Bener sih banyak part bikin ngakaknya. Berarti vibesnya bakalan beda ya pas baca buku Home Sweet Loan, yang cerita sedari awal udah nyesek bin berat.

    Tapi emang iya, di dunia nyata banyak yang jadi Kaluna. Menanggung beban sedemikian berattt dan mumet. Bahkan aku aja pernah ajuin KPR 😆 tapi ya gitu deh data-data katanya kurang dkk, alhasil harus mengikhlaskan DP yang sudah di berikan ke devloper perumahan. Jiaahhh maaf malah curhat.

    Tertarik buat baca novel Home Sweet Loan nya kemudian nanti akan ku pastikan nonton juga filmnya 🤩 ekspektasiku sih bakalan bagus filmnya hehehe

    BalasHapus
  4. Belum bacaaaa, padahal dah lama masuk bucket listku 🤭😄😄. Banyak yg bilang bagus memang . Penasaran juga Ama endingnya aku.

    Kalo bicara rumah, mertuaku dari kami mau nikah udah wanti2 mba, jangan pernah tinggal Ama ortu atau mertua. Ntr jadi ribut. Makanya pas kami nikah, dihadiahi 1 salah satu rumah mertua, antara yg Bekasi timur atau Rawamangun. Ofkors lah kami pilih yg Rawamangun, walo kecil tp msh tengah kota JKT 🤣🤣. Drpd yg Bekasi, bisa tua di jalan mau ke kantor.

    Dan memang dengan tinggal terpisah dr ortu, hubungan tuh JD lebih Deket malah. Ga ada misuh2 nya. Kalopun ga ada rumah sendiri, at least ngontrak deh, yg penting pisah

    BalasHapus
  5. Penasaran endingnya seperti apa bunda Saladin, punya pasangan status sosialnya (materi) di atas kita memang penuh tantangan juga ya mba, kadang mereka ga bisa nerima dan menuntut kita setara, tapi kalau perempuan yang status sosialnya lebih tinggi ga pernah dimasalahkan selama cowoknya mau bekerja keras dan tanggung jawab

    BalasHapus

  6. Almira Bastari sekali lagi membuktikan kemampuannya dalam menulis cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.. Home Sweet Loan berhasil menyajikan potret realitas kaum menengah yang ingin punya rumah tapi terkendala finansial. Kisahnya yang ringan tapi penuh makna bikin novel ini nggak mudah dilupakan

    BalasHapus
  7. yes aku suka novel ini sampe belain beli hahaha
    ceritanya relate aja sama aku, cita citanya pengen punya hunian sendiri. Dan rata-rata cerita seorang karyawan kurang lebih sama kayak di novel ini, ada aja konfliknya, dan untungnya ada sahabat yang slalu menemani.

    BalasHapus
  8. Wah aku belum baca novel ini sepertinya seru ya ceritanya sandwich generation banget harus berkorban karena anggota keluarga lain tinggal bareng di rumah..pilu...

    BalasHapus
  9. Aku juga nih.. ngerasa kalau novel zaman skarang nama-nama karakternya unik-unik. Kayak yaang.. susah dilafalkan. Eh, ya persis kaya nama anak zaman now juag si yaa..

    Complicated.
    But, true.

    Kadang malah orangtuanya yang gatega ngliat anak-anaknya mau mandiri. Selama belum punya rumah sendiri, biasanya prefer tinggal di PMI (Pondok Mertua Indah) daripada uangnya buat kontrak rumah.

    Gitu kan yaa, persepsinyaa?

    BalasHapus