Minggu, 25 Agustus 2024

Review Sleepless in Seattle: Kisah Cinta Orang Dewasa yang Dibantu oleh Anak Kecil

 Miapaa nonton film yang tayang tahun 1993? Biarin, toh  tahun segitu daku masih umur 7 dan belum pernah masuk bioskop, wkwkkw. Dapat rekomendasi kalau Sleepless in Seattle tuh bagus (dari seorang kawan yang baru nonton). Lalu bagaimana ceritanya??



Pemain: Tom Hanks (sebagai Sam Baldwin), Meg Ryan (sebagai  Annie Reed), Ross Malinger (sebagai Jonah Baldwin)

Sutradara: Nora Ephron

Ada seorang laki-laki bernama Sam Baldwin, yang stress berat setelah istrinya meninggal, padahal sudah 1,5 tahun berlalu. Dia memutuskan untuk pindah ke Seattle dan mengajak Jonah, putranya yang masih kecil  Keadaaan keluarganya belum membaik meski dia sudah punya pekerjaan tetap sebagai arsitek.



Di malam natal, si anak diam-diam menelepon stasiun radio. Dia ingin konsultasi karena si ayah sediih melulu dan merasa ayahnya butuh istri baru.



 Lalu penyiar radio yang seorang dokter meminta untuk bicara dengan sang ayah dan mendengarkan curhatannya.

Sementara itu, di Baltimore ada wanita muda yang cantik bernama  Annie. Dia baru saja bertunangan dengan Walter, dan mau menerima kekurangan pria itu (yang memiliki banyak alergi). Dia tidak sengaja mendengar siaran Sam yang akhirnya dijuluki sleepless in Seattle (karena susah tidur).



Para pendengar radio langsung bersimpati dan tak kurang dari 2.000 wanita mengirim surat ke dia. Waduh, jadi biro jodoh dadakan! Mereka ingin calon suami yang romantis dan perhatian seperti dia. Annie juga lama-lama bersimpati padanya.

Long short story, dia kencan sseorang wanita tapi Jonah tidak setuju. Dia malah ingin ayahnya berjodoh dengan Annie (menilai dari suratnya). Si anak dia-diam kabur ke Seattle, naik pesawat, dibantu oleh Jessica. Siapa Jessicca? Pacarnya Jonah, yang orang tuanya punya biro travel.



Sam panik dan berusaha mencari anaknya. Berhasilkah misinya? Apa dia juga bertemu dengan Annie? Nonton senndiri ah enggak mau spoiler wkwkw.

Kesanku Setelah Nonton Sleepless in Seattle

Jika Sleepless in Seattle bisa diubah judulnya maka akan kuganti jadi Jonah’s Trouble. Gile  bener ni anak, sudah menelepon stasiun radio tanpa izin, juga memberikan alamat dan nomor teleponnya. Jadi pengingat nih untuk ajari anak: jangan sembarangan menyebar data pribadi.



Jonah juga sudah punya pacar  padahal dia  masih kecil. Juga nekat terbang ke Seattle dan kok bisa-bisanya orang tua Jessica mendukung, dan membelikan tiket pesawat? Trouble maker bangeet  gak sih? Walau alasannya mencari calon mama baru.

Lantas daku juga mikir alasan apa yang menyebabkan seseorang batal nikah? Annie ragu dengan Walter karena selera yang berbeda (misalnya motif piring keramik). Sampai-sampai dia minta nasehat ke rekan  kerjanya yang sudah menikah.

Laki-Laki dan Manajemen Emosi

Di film Sleepless in Seatttle digambarkan semua teman dan tetangga Sam sangat hangat dan perhatian. Namun dilihatkan juga kalau laki-laki cenderung kurang pandai dalam manajemen emosi, terutama mengelolaa kesedihan. Apa gara-gara ungkapan boys don’t cry?

Perubahan Teknologi yang Pesat dalam 31 Tahun

Karena film ini dirilis tahun 1993 maka diperlihatkan situasi pada tahun tersebut: alat komunikasinya adalah telepon rumah, surat, dan radio. Sudah ada komputer tapi sepertinya belum ada jaringan internet.



Coba kalau sudah ada internet ya. Si Annie bisa menyelidiki Sam via media sosial. Bukannya minta bantuan detektif swasta. Sekian review film Sleepless in Seattle, kamu juga mau nonton?

5 komentar:

  1. pas lihat gambarnya langsung keinget film zaman dahulu ternyata memang rilisnya tahun 1993 ya Mba, penasaran pengen nonton saya suka liatin kehidupan zaman dahulu melalui film itu

    BalasHapus
  2. Wah ini salah satu film yg Kusuka. Saat menonton dulu sempat baper juga..hehe. Menurutku romantis sih..meski ada beberapa part yg kurang masuk akal..hehe

    BalasHapus
  3. Kalau udah ada medsos, nggak jadi sleepless in seattle nggak sih, Kak? Ya ampun ini film jadul bangeeettt. Tapi kalo perhatiin dandanan pemainnya kan langsung ngingetin aku sama film home alone yang suka muncul di TV kalo lagi musim libur sekolah atau libur akhir tahun. Nerbener si Jonah ini umur berapa sih? Berani banget nget nget nget lho.

    BalasHapus
  4. Film ini termasuk salah satu film legendaris yang dibintangi oleh Tom Hans dan juga meg Ryan. Ceritanya sangat menyentuh sekali karena memang diawali dari kerinduan seorang anak terhadap ibunya yang sudah tiada dan berniat menikahkan ayahnya dengan perempuan yang diidam-idamkan oleh anak ini dan untungnya berakhir bahagia ya

    BalasHapus
  5. Wah aku dulu pernah juga nonton film ini. Meg Ryan di masanya memang terkenal sebagai ratu romcom karena film romcomnya bagus-bagusp

    BalasHapus