Sabtu, 13 Juli 2024

Review Ayam Sabana, Fried Chicken yang Nikmat Luar Biasa

 Kembali lagi di konten ayam goreng lokal. Kali ini daku mau bikin review ayam Sabana karena fried chicken ini sudah jadi langganan selama bertahun-tahun dan terbukti konsisten enak. Emang seperti apa rasanya?

Awal Kenal Sabana

Jadi, sekitar tahun 2016 daku jalan-jalan di daerah Dinoyo, Malang. Karena terburu-buru, Saladin tidak sempat sarapan. Akhirnya dibelikan nasi dan fried chicken yang outlet-nya ada di dekat kampus Universitas Brawijaya, bernama Sabana. Pas kucicip dikit kok enak ya? Saladin juga suka.

ayam sabana


Intermezzo, dulu tuh daku pernah baca di sebuah tabloid kuliner bahwa seorang pengusaha restoran, saat akan launching menu baru, mencari tester. Uniknya, beliau bilang kalau harus anak-anak yang mencicipinya, karena lidahnya selalu jujur. Jadi kalau Saladin bilang ayamnya enak ya pasti enak.

Review Ayam Sabana

Setelah pindah ke daerah Sawojajar, Saladin senang karena bisa makan ayam Sabana lagi. Ada outlet yang dekat rumah, tepatnya di dekat sebuah minimarket yang bernuansa biru. Bagaimana review ayam Sabana selanjutnya?

makan ayam sabana


Ternyata rasa ayam Sabana masih sama enaknya. Kulit yang krispi dengan daging juicy. Bumbu juga meresap sampai bagian dalam. Sabana tuh berani banget main bumbu, enggak asin doang. Tapi ada bumbu dan rempah lain, sepertinya ada lada hitam juga. Namun ini tidak pedas ya, aman buat anak-anak.

Kemarin daku beli ayam Sabana bagian dada dan dagingnya empuk, tidak kering. Malah satu potong ayam bisa dimakan untuk 2 anak karena ukurannya cukup besar. Sementara untuk sate bola ayam juga terasa ayamnya, walau ini semacam nugget ya.

review ayam sabana
                      Aslinya ada 5 butir bola ayam, yang 1 udah dimakan, maappp

Walau beli fried chicken lokal tapi kualitasnya boleh diadu. Daku sudah beli di 3 cabang yang berbeda, bumbunya sama, berarti standarnya bagus. Mengingat ini franchise ya.

Ramah Lingkungan

Kalau kalian bli ayam Sabana, akan dibungkus dalam kantong kertas, lalu dibungkus lagi dengan kantong warna putih berlogo merah. 

ayam goreng sabana


Ini bukan kantong plastik biasa. Namun terbuat dari bahan alami (singkong) sehingga bisa terurai dalam tanah. Habis makan ayam, tidak perlu takut, karena semua bungkusnya ramah lingkungan.

Harga Ayam Sabana

Harga ayam Sabana masih ramah di kantong. Untuk bagian paha, hanya 9.000 rupiah. Dada 11.000 dan sayap malah Cuma 8.000, sedangkan sate bola ayam malah hanya 4.000 rupiah.

sabana fried chicken


Sekian review ayam Sabana, fried chicken penyelamat saat capek masak, beli ajaa! Outlet ada di mana-mana, rasa enak, harga terjangkau. Bukanya juga cukup pagi (sekitar jam 7 -7.30). Siapa suka ayam goreng Sabana?

15 komentar:

  1. sayya pernah makan sabana cuman saya sekarang lagi suka sama ayam geprek dari rocket chicken

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh saya pernah makan dan review rocket chicken juga kak tapi belum pernah kalau ayam gepreknya

      Hapus
  2. Aku termasuk yang suka juga sama ayam Sabana. Sedari tahun 2018an akhir mulai nyoba beli ayam sabana karena dulu pulang kerja sekitar pukul 9 malam, mana sempat masak kalau sudah larut namun perut suka bunyi kruyuk jadilah makan ayam ini tentu beli nya pas jam 6 an sore karena biasanya jam 7 an sudah sold out.
    Benar memanf renyah dan terasa bumbu nya ayam yang satu ini.

    BalasHapus
  3. Enaaakkk❤️❤️❤️

    Di Sby ada beberapa cabangnya.
    harga terjangkau, super renyah gurihhh mantabbbb

    BalasHapus
  4. Disini ada sabana juga gak ya?? Sepertinya gak ada sie...tapinkeren sie ini sampai sewadah2nya sudah dipikirkan yg ramah dengan lingkungan..salut...

    klo di solo ada ayam goreng rumahan gt mbaa...namanya ayam goreng bintang...beuhhhh ruame banget deh pokoknya disana...dulubcuma di tenda kecil pinggir jalan sekarang dah pindah lokasi ke outlet yang lebih besar..dan dia memang cuma melayani take away aja jadi gak bisa makan ditempat

    BalasHapus
  5. Aku juga langganan Sabana, Kak. Dan emang enak sih. Nggak kalah sama merk ayam yang udah gedhe itu.

    Biasanya, aku beli bagian dada. Itu udah bisa untuk makan berdua dengan adikku. Kami sukanya digeprek. Hehehe

    BalasHapus
  6. Aku belum cobain nih Mbaaa. Serius enak yaaa. Ntr deh, mau beli. Sejak ga beli lagi ayam goreng franchise luar itu, aku stop lamaaaa bgt makan ayam goreng kriuk begini 🤣.

    Tapi sbnrnya dibilang suka banget juga ga.. cuma anak2 kan doyan yaa ayam goreng.

    Makanya kalo memang enak, bisa juga aku beli kalo sedang males masak 😄

    BalasHapus
  7. ada di dekat rumah, tapi belum pernah coba dan akhirnya keburu bermunculan banyak tempat ayam goreng yang sejenis. Terus gak inget deh mau cobain yang ini. Maybe next time coba ah :)

    BalasHapus
  8. Aku selama ke malang kok gak pernah tau ayam sabana ini ya, fix aku mainnya kurang jauh hehehe

    BalasHapus
  9. Kayanya aku sering banget ngebaca review ayam sabana dan sepertinya banyak yang suka dengan rasanya. Duhhh haruskan aku kembali lagi ke Malang dalam waktu dekat hehehe... terlihat renyah dan gurih ini ayamnya. Jadi pengen banget aku cobain sih. endullllllz

    BalasHapus
  10. Aku suka dengan ayam sabana ini
    Harganya ekonomis tapi rasanya enak
    Andalan buat bekal sekolah anak
    Karena buka dari jam 6 pagi kalau di sekitar rumahku
    Anak-anak juga suka ayam Sabana

    BalasHapus
  11. Wah di Ungaran belum ada ayam Sabana jadi penasaran rasanya soalnya anakku suka banget ayam kriuk

    BalasHapus
  12. Ayam Sabananya gemooyy yaa..
    Dulu pas rumah kami deket kampus, ayam Sabana ini tiap berapa meter, ada yang jualan. Sekarang di perumahan, jadi bermunculan merk-merk kompetitor, rasanya memang jadi beragam yaa.. dengan benefit mempertahankan rasa, ayam Sabana masih tetap di hatiii..

    BalasHapus
  13. Ayam sabana merupakan salah satu ayam goreng favorit saya karena selain rasa yang sedap bumbunya pas ada pedasnya dan juga harganya sangat ramah di kantong. Dan yang saya suka lagi adalah crispynya cukup awet walaupun dimakan agak lama

    BalasHapus