Jumat, 12 Juli 2024

Menjalani Pagi dengan Aman Tanpa Morning Rush

 

Sebentar lagi anak-anak sudah masuk sekolah lagi ya. Ada yang happy karena akhirnya lega, mereka belajar sedangkan bundanya bisa fokus kerja lagi? Atau malah mumet karena akan terjadi morning rush?

Morning rush adalah kekacauan di pagi hari yang biasanya terjadi karena kesalahan manajemen waktu atau perasaan Bunda yang juga jelek sehingga mempengaruhi mood serumah. Bisa juga karena emang anaknya sengaja berlambat-lambat untuk bersiap sekolah.



Misalnya anak-anak harus berangkat jam 6:30 pagi karena masuknya jam 7 tapi jam 6 malah belum bangun, apalagi mandi. Terus kakak dan adik pada berebut mandi duluan. Bundanya pusing karena harus keburu ke kantor, dan anak-anak juga belum sarapan. Siapa yang pernah seperti ini?

Sebenarnya kita bisa tuh menjalani pagi yang damai tanpa morning rush. Dengan catatan sekeluarga harus kompak dan disiplin sejak bangun tidur. Ini cara jitunya:

Jam Tidur yang Lebih Awal

Bagaimana menghindari kejadian bangun kesiangan? Ya jam tidur anak disiplinkan. Kalau bisa mereka sudah masuk kamar jam 8-9 malam. Lantas pastikan juga di kamar itu tidur atau malah main game?



Kadang gemes ya kalau anak-anak pura-pura tidur tapi malah online. Cara jitunya bisa dengan mematikan akses wifi atau matikan aliran listrik di rumah. Orang tuanya juga harus tidur dong, jangan malah nonton TV, kan harusnya ngasih teladan?

Siapkan Keperluan Sekolah di Hari Sebelumnya

Biasanya morning rush terjadi karena anak sibuk cari di mana sabuk, topi, kaos kaki, dll. Atau malah dia kelupaan tidak mengerjakan PR. Oleh karena itu, sejak kecil (TK) mereka sebaiknya dididik untuk menyiapkan sendiri keperluan sekolah sehari sebelumnya (atau malam sebelumnya).



Jadi tidak ada kepusingan karena si kakak lupa naruh kamus sedangkan adiknya teriak-teriak minta dicarikan kaos kaki. Morning rush seperti ini memusingkan, bukan? Memang lebih baik anak-anak dibiasakan untuk tertib, dan harus telaten ngajarinnya.

Baca juga: Apakah harus beli tas baru tiap tahun?

Pasang Alarm

Cara ampuh untuk bangun pagi adalah pasang alarm, kalau perlu tiap 5 menit sekali. Jangan alarm berbunyi lalu tidur lagi ya. Kalau Bunda kesiangan bangun 10 menit saja maka waktu untuk memasak juga berkurang 10 menit, akhirnya terjadi morning rush karena sarapannya secepat kilat, atau malah tidak makan pagi.

Cepatkan Jam Dinding

Nah kalau ini kiat dari mamaku. Di rumah beliau, semua jam dinding dicepatkan 10 menit. Jadi kaget, loh udah jam segini? Akhirnya semua orang bersiap-siap dengan cepat, padahal belum terlambat, hehehhe.

Manajemen Stok Makanan di Kulkas

Salah satu yang bikin pusing pagi-pagi adalah proses masak sarapan yang cukup lama. Namun anak-anak tidak bisa kenyang kalau hanya makan roti. Jadi, solusinya adalah manajemen bahan makanan.



Bunda sudah food preparation? Minimal ada persediaan bahan makanan untuk 3-4 hari ke depan. Jadi sudah direncanakan, misalnya Senin sarapan dengan nasi goreng sosis plus dadar kornet, sedangkan Selasa makan nasi+ikan goreng + tumis tempe. 

Baca juga: tips memasak cepat 

Sebelum ikan dimasukkan kulkas, dibersihkan dulu, dibumbui sekalian, baru disimpan dalam kotak. Masak sarapan lebih cepat.

Tenang Dulu, Bunda

Bunda sebagai cahaya rumah juga tidak boleh kalut. Walau ada tragedi terlambat bangun (karena hari sebelumnya kecapekan), tarik nafas. Anak-anak diminta mandi bergantian, tidak usah teriak-teriak. Masak sarapan secepat kilat atau beli aja. Kalau Bunda panik lalu bilang ‘terlambat’ maka anak-anak akan benar-benar telat karena ikut pusing.



Nah, ini beberapa kiat menghindari morning rush. Intinya anak diajari untuk mandiri dan menyiapkan keperluannya sendiri. Kalau perlu bikin sarapan sendiri (jika berusia 12 tahun ke atas) dan sudah berani ‘megang’ kompor’. Jangan dikit-dikit minta tolong Bunda atau asisten rumah tangga.

21 komentar:

  1. Bagus juga idea cepatkan jam dinding tu... Nantu bulan puasa uncle pun nak cepatkan juga jam lah... Boleh cepat berbuka!

    Gurau saja... Hehehehe...

    BalasHapus
  2. Cepatkan jam itu cara ampuh biar nggak telat. Taoi kalo dah tahu jamnya kecepetan malah suka santai haha.

    BalasHapus
  3. Untuk menghindari morning rush seperti itu, sebaiknya orang rumah mesti kompak. Tipsnya bagus dan cukup efektif. Cuma kalo udah tau jam dicepetin, eh malah biasa aja, karena udah tau waktunya lebih cepat.

    BalasHapus
  4. Satu lagi yaitu si ibu bangun lebih pagi. Waktu si adik dulu berangkat sekolah masih jam 8.30 saya santai-santai bangunnya sekitar waktu subuh. Tapi sekarang berangkatnya si adik 7.30, jadi saya bangunnya juga lebih pagi lagi (sekitar jam 3-4 pagi). Karena, rutinitas pekerjaan domestik pagi hari tidak berkurang, alias tetap sama :D

    BalasHapus
  5. baru dua hari masuk nih. dan masih riweuh juga diriku mempersiapkan pagi. hehe. masih kebawa hawa liburan. padahal udah berusaha bangun lebih pagi. yuk ah semangat kembalikan ritme sekolah, jangan telat lagi

    BalasHapus
  6. Menjalani pagi hari dengan aman dan tanpa stres tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga bagi orang tua. Ketika anak merasa tenang dan siap untuk berangkat sekolah, orang tua pun dapat memulai hari mereka dengan lebih tenang dan fokus.

    BalasHapus
  7. Entah kenapa, masih aja suka terjadi morning rush. Tapi kalau ditelusuri penyebabnya adalah kurang pagi bangun tidurnya

    BalasHapus
  8. Adikku nih biasanya. Mbaknya udah berusaha menyiapkan sarapan sejak pagi. Eh dianya malah masih malas-malasan buat mandi.

    Jadinya, dia kelabakan sendiri. Dan berakhir minta antar ke sekolah untuk tiket masuk sekolah. Karena aturan di sekolahnya, saat terlambat, walinya harus ikutan menghadap ke guru BP.

    Masha Allah sekali pokoknya. Hehehe

    BalasHapus
  9. Selamat menyambut tahun ajaran baru, Bunda. Jaga kesehatan soale pasti habis lebih banyak energi ini.

    BalasHapus
  10. Ibu2 emg kerjaannya byk bgt sih. Selain hrs masak, memandikan anak, menyiapkan peralatan sekolah anak, blm lagi kl hrs belanja, menyiapkan masakan buat keluarga, dan lainnya. Mknya kita yg jd bapak hrs pengertian ya sama bundanya. Kalo telat dikit ya mohon dipahami.

    BalasHapus
  11. Haha emang ya, pagi itu rasanya rush banget
    Gedabrukan sana sini ya
    Nggak ada tuh pagi yang tenang dan damai

    BalasHapus
  12. Wuaaah.. Kerempongan di mulai lagi yah, Bund, haha.. Gpp, tetep semangat jalaninya dan nikmati yah, xixixi..

    BalasHapus
  13. Sejujurnya di rumahku, lebih ngefek kalau masak buat sarapan itu sedari malam. Hangatan sih ya. Tapi lumayan mengurangi drama. Tinggal siapin bekal makan siang saja.

    BalasHapus
  14. Masih dua hari adek masuk sekolah nih, masih adaptasi sama jam baru. Maklum abis TK ke SD perubahan jam nya kerasa banget. Dari yang jam 7.15 jadi 6.30. Alhasil keributan di pagi hari pun tidak terhindarkan.

    BalasHapus
  15. dua anakku masuk jam 6.45 tapi jam 5.40 udah harus berangkat, untung yang sulung berangkatnya agak siangan, jam 6.30 jadi enggak rush-rush amat hehehe

    BalasHapus
  16. Kebetulan belum ngalami morning rest banget tapi idenya bagus juga ini. Jadi besok kalo ngalami morning Rush, nggak kaget dan bisa nanganinya.

    BalasHapus
  17. morning rush sudah dialami sejak anak anak masuk sekolah, relate sih mba, hehe. sampai sekarang seringnya kek gitu, apalagi kalau sayanya semalam habis begadang yang auto bangun jam 5. ini juga masih pagi kan ya, tapi tetep aja sih riweuh. semua udah di prepare sejak semalam atau sehari sebelumnya, tapi kalo anak anak susah bangun riweuh. tapi gak selalu kek gini, ada hari hari yang emang smooth gitu. gak selalu sama

    BalasHapus
  18. Stok makanan di kulkas ini wajib banget! Kalau hari sekolah, pagi-pagi udah harus masak buat sarapan dan bekal makan siang (anakku cowok, SMA, dan mereka sekelas kompakan bawa bekal makan siang setiap hari).

    BalasHapus
  19. Morning rush memang butuh pembiasaan yang baik, sehingga ga terulang lagi setiap hari. Lumayan bikin stres juga kan yaa..
    Anakku di hari pertama, hari ini, semangat nih.. Alhamdulillah bangunnya sebelum adzan shubuh. Jadi waktu buat preaparing bisa lebih santai.

    Semoga semangat ini bertahan sampai nantiii..

    BalasHapus
  20. ini yang sering terjadi dirumahku mbak, waktu adikku sekolah semua, tiap hari, tiap pagi pasti ada suara jeritan dari ibuku hahaha, ampun dah. Adikku ada yng tiap kali dipanggil, cuman nyaut bentar tapi molor lagi. Kalau aku, ya tak biarin aja mba hahaha

    BalasHapus
  21. Menyiasati dan membatasi jam main selama liburan memang sulit. Tapi memang ahrus didisiplinkan karena sekarang udah masa sekolah.

    BalasHapus