Sabtu, 27 Juli 2024

Cara Menghadapi Kemarahan Anak, Jangan Ikut Emosi

 Pusing banget kalau anak lagi marah atau bertengkar dengan saudaranya. Matanya mendelik, wajahnya merah, mulutnya teriak-teriak. Kadang anak marah sambil menangis meraung-raung. Jika dibiarkan saja maka tetangga atau orang lain akan menganggap kita yang memarahinya atau bahkan menyiksanya, padahal mah kagak.



Namanya anak-anak ya, kadang muncul ngamuknya, ngambeknya. Apalagi mereka kan lebih ekspresif daripada orang dewasa. Lantas bagaimana cara mengatasi anak yang sedang marah?

Pergi dan Tenangkan Diri

Anaknya marah kok malah pergi? Begini lho maksudnya, kalau memang ada 1 atau 2 anak yang ngamuk atau bertengkar, tapi mood lagi jelek, mending melipir dulu. Bisa ke dapur atau bagian rumah lain yang sepi.



Saat pergi sejenak itu kita bisa menenangkan diri dengan menarik napas dan hitung dari 1 sampai 100. Setelah emosi mereda baru datang ke arena peperangan eh maksudnya mendatangi anak yang sedang marah. Kalau ibu atau ayahnya tenang, anak juga tenang lalu pelan-pelan hilang marahnya.

Apa Masalahnya?

Jika anak marah maka yang perlu dilihat adalah penyebabnya. Tapi anak tuh kadang mau cerita, kadang malah marah dan mengurung diri di kamar. Bundanya ikut mewek dah.



Jadii yang perlu dicari adalah akar masalahnya. Bisa tanya ke mbak ART, lihat CCTV, atau mengamati situasi. Kemudian ditemukan penyebabnya: anak marah karena makanan kesukaannya habis, mainannya dibereskan padahal dia belum selesai main, atau cari perhatian bundanya.

Jangan Ikut Marah

Kalau sudah ditemukan masalahnya maka tinggal diselesaikan. Namun saat anak masih ngambek atau marah-marah, jangan ikut emosi yaa. Nanti tambah runyam.

Baca: Ketika anak marah lalu ibunya juga ngamuk, tambah pusing

Oleh karena itu sebagai orang tua kita emang kudu meningkatkan kesabaran. Seperti yang sudah daku bilang di awal, lebih baik pergi sejenak dan kembali lagi saat sudah tenang. 



Jika perlu minta bantuan ke suami, mertua, atau orang lain yang sekiranya bisa meredakan amarah anak.

Hati-hati Tangannya

Mengapa ibu harus menenangkan diri sampai pergi sejenak? Ya tujuannya untuk mencegah hal buruk seperti ‘main tangan’. Semarah apapun ke anak, jangan sampai mukul, nyubit, atau melakukan kekerasan. Bahaya! Nanti yang sakit bukan cuma fisik tapi juga batinnya, kasihan anaknya.

Read: bahaya kekerasan ke anak

Berpelukan

Kalau sudah agak reda marahnya, segera peluk anak-anak. Karena salah satu penyebab amarah adalah kurangnya perhatian dari orang sekitar. Saat anak dipeluk maka ia akan merasa nyaman dan tak lagi ngamuk, lalu meminta maaf.

Jangan Diberi Hadiah

Daku pernah lihat ada anak yang ngambek dan marah-marah tapi malah digendong dan dibawa ke minimarket. Katanya anak diajak beli kue aja biar enggak ngamuk lagi. Aduh! Kalau begini terus bisa-bisa anak menganggap kemarahan adalah jalan menuju kemenangan alias cara agar mendapatkan jajan atau barang kesukaannya.

Konsultasi ke Psikolog Anak

Kalau memang marahnya anak sudah dalam level membahayakan (misalnya membenturkan kepala ke lantai atau merusak barang) lebih baik cepat ke psikolog. Nanti akan dilihat, apa akar masalah dari kemarahan anak? Atau dia butuh terapi perilaku?



Jadii kalau anak marah jangan ikutan marah ya atau malah menyalahkan diri sendiri. Sebagai orang tua, kita harus tetap tenang. Kalaupun belum ketemu solusinya, lebih baik minta pendapat ke konselor keluarga atau psikolog anak.

18 komentar:

  1. naaahh iyaa kadang aku juga suka liat anak tantrum malah dibeliin sesuatu kan nanti di ajadi hafal ya..klo pengen sesuatu tantrum aja duhhh...
    emang bener sie kak kalo liat anak2 berantem itu kadang jadi ikut2an ya emosi nya jadi pengen marah2 juga hehe..klo pas emosi mulai tersulut mendingan melipir dulu tarik nafas panjang baru deh balik lagi sambil senyum klo bisa sie hehehe

    BalasHapus
  2. Woghh iya sepakaattt.
    Ortu wajib mainkan peran sebagai orang DEWASA yg waras dan jangan ikut tantrum 🤪😤😆
    jd keinget tetanggaku...masak balitanya tantrum, emak jg ikut tantrum.
    mengHadeehhhh

    BalasHapus
  3. Mendidik anak memang proses pengujian diri untuk sabar, kuat dan aku sangat salut para Ibu2 karena disaat capek ini itu perlu menghadapi anak2 yang kadang tidak mampu mengutarakan kebutuhannya atau tantrum.

    Setuju dengan tulisan ini terutama perlu tenang dan mencari akar persoalan jadi bisa mengetahui bagaimana solusinya.

    BalasHapus
  4. Pergi dulu melipir, sampai emosi reda, itu bener deh mba. Krn dengan begitu aku JD bisa berpikir dingin. Sama aja kayak nasihat yg bilang, saat sedang marah, jangan membuat keputusan apapun Krn dikhawatirkan itu kluar dr pikiran yg tidak logis.

    Aku juga kuatirnya akan main pukul kalo sedang marah tapi mencoba menenangkan anak.

    Hubungan dengan mereka yg ada malah rusak.

    BalasHapus
  5. kadang memang ada orangtua yang kayak reflek mukul anaknya, kadang di tempat umum, entah apakah aslinya si anak memang bandel banget atau gimana. Orang lain yang liat jadi gimana gitu
    memang bener kalau anak anak lagi bertengkar, orangtua harus lebih tenang, cari akar masalahnya dan dinasehati pelan-pelan

    BalasHapus
  6. Setuju. Kadang yang dilewatkan sama para orang tua adalah menenangkan diri dulu saat menghadapi kemarahan anak. Sehingga, yang sering terjadi adalah orang tua ikut-ikut tantrum. Terus anaknya dipukul, dicubit atau apapun lah.

    Ini kayak introspeksi diri buatku. Karena dulu saat ditinggal orang tua merantau, aku tuh yang ngurusin adikku yang masih umur 2 tahun.

    Dan saat dia TK aku pernah nyubit dia saat dia marah. Kejadian itu membekas banget di benakku. Bahkan sampai sekarang dia sudah SMA.

    BalasHapus
  7. Nah iya mba, setuju banget. Kalau anak lagi marah, jangan sampe kepancing ikutan marah juga. Meski pada prakteknya lumayan sulit karena rata-rata bakalan mudah terpancing juga.

    Terkait pemberian hadiah saat anak marah impactnya kurang baik ya. Noted sangat nih, mba. Thank you.

    Konsultasi ke psikolog pun jadi opsi yang super bijaksana nih, jarang lho ortu yang kepikiran ambil langkah ini.

    BalasHapus
  8. salut kalau orangtua mau membawa anaknya ke psikolog jika merasa tidak tahu bagaimana mengatasi tingkah anaknya jika sedang marah. Daripada KDRT kan, dan kita perlu tahu penyebabnya dan bagaimana mengatasinya. Demi kebaikan semuanya, jgn segan minta bantuan pihak ketiga

    BalasHapus
  9. Saya sering sekali melihat terutama orang tua muda yang mengalami situasi di mana anak saya tiba-tiba marah tanpa sebab yang jelas. Tulisan ini sangat membantu saya untuk lebih sabar dan memahami perasaan anak. Ternyata, dengan memberikan ruang bagi mereka untuk mengekspresikan emosi, situasi bisa menjadi lebih tenang.

    BalasHapus
  10. Aduhh,aku mah gak bakalan ngasi hadiah sm anak yg tantrum, yg ada malah aku diemin mpe tenang sendiri. Kalo dikasi hadiah tar malah ngambek mulu hehehe

    BalasHapus
  11. Ini aku masih belajar sih. Apalagi anak seumuran putri, itu masih belum bisa berkomunikasi dengan baik, jadi kadang susah ketauan ada masalahnya dimana.

    Tapi kalo tantrum, kadang aku ga langsung mpok mpok sih. Biarin aja dulu, biarin nangis atau guling2 juga. Biar ga kebiasaan, segala yang dia mau tuh harus ada.

    BalasHapus
  12. Sabar ini adalah inti dari pengasuhan.
    Sabar akan proses dan fase yang kudu dilewatin. Kadang uda bertanya ke sana kemari dan ada kecenderungan menyalahkan pola pengasuhan orangtua, ini bikin kita stres sendiri.

    Yakin bahwa kita uda memberikan pengasuhan yang terbaik versi kita dan bersabar dengan segala prosesnya. In syaa Allaah.

    BalasHapus
  13. Iya sebisa mungkin ibu menenangkan diri dulu baru bertindak ya takutnya malah membentak anak atau bahkan mencubit dan memukul huhu

    BalasHapus
  14. Huhu aku masih sering kepancing kebawa marah deh kalo anak marah. Tapi alhamdulillah, mulut masih terjaga dari kata-kata kasar, tangan juga udah gak pernah main. Mungkin karena usia juga kali ya, aku jadi lebih bisa sabar sekarang. Kalo dulu, aduh parah. Sering ngerasa berdosa kalo inget dulu pernah marah sama anak kayak gimana. Semoga Allah ampuni aku. Semoga kita semua bisa jadi ortu yang baik ya untuk anak-anak kita.

    BalasHapus
  15. Menghadapi anak yang lagi marah atau tantrum gitu memang nggak mudah ya. Seringnya malah orang tua juga yang ikut tantrum dan emosi.

    Karena itu juta harus tahu trik menghadapinya ya. Seperti yg udah Mbak jelaskan di atas.. Bukan dengan umpatan atau main tangan. Lebih baik melipir tenangkan diri dulu biar gak ikutan emosi

    BalasHapus