Minggu, 07 Juli 2024

Bagaimana Cara agar Anak Tetap Disiplin Meski Sedang Libur Panjang?

 Molor lagi!

Siapa nih yang pusing kalau anak-anak sedang libur panjang? Bangunnya molor alias kesiangan, atau habis subuhan malah tidur lagi. Begitu melek eh cari makanan di dapur, bukannya mandi dulu.



Kalau anak-anak disuruh mandi malah kabur lagi ke kamar lalu ambil ponsel buat nonton video atau main game. Akhirnya mereka baru mandi jelang bedug (siang), itupun cipak-cipuk alias enggak tahu deh bersih atau kagak. Mumet kan? Bagaimana ini, liburan jadi kacau semua jadwal bangun, mandi, dll.

Tenang dulu, Bun. Sebenarnya anak bisa kok diarahkan untuk tetap hidup teratur dan disiplin, meski mereka sedang libur panjang. Tahan dulu marah dan ngomelnya lalu lebih baik lakukan semua ini:

Terangkan Kegunaan Disiplin

Kalau dengar kata ‘disiplin’ kok seram amat ya? Padahal anak butuh diajari untuk hidup sesuai dengan aturan agar jadi orang sukses di masa depan. Namun disiplin tidak harus pakai kekerasan fisik alias main tangan ya.



Bunda bisa ajari anak untuk disiplin meski dia sedang libur panjang dengan menjelaskan apa saja fungsinya. Misalnya, dia yang bangun kesiangan akan makan pagi kesiangan juga. Akibatnya jam makan tidak teratur dan berpotensi sakit lambung. Anak akan memikirkan dampak negatif dari ketidakdisiplinan lalu dia akan kapok molor lagi.

Berikan Aturan Sebelum Liburan

Nah, sebelum berlibur alangkah baiknya Bunda memberikan rules dan harus ditepati, kalau perlu di-print dan dipajang di tembok. Misalnya harus tetap bangun pagi dan teratur beribadah. Anak juga tetap wajib bantu orang tua, misalnya dengan siram tanaman tiap sore, mengepel teras depan, dll.

Ajak Anak untuk Membuat Jadwal Harian

Bisa jadi anak tukang molor dan malas-malasan waktu liburan karena dia tidak punya jadwal harian. Oleh karena itu Bunda bisa membantunya untuk membuatkan jadwal liburan. Misalnya bangun jam 5 pagi lalu mandi dan ibadah, sarapan jam 6 pagi, lanjut baca buku, dll.



Dengan jadwal harian maka anak punya rules seharian mau ngapain aja. Dia jadi paham harus melakukan hal apa dan tak lagi terlambat bangun pagi dan malas-malasan melulu.

Buat Kegiatan yang Menyenangkan

Jika anak main HP terus maka jangan dimarahin habis-habisan. Penyebabnya karena dia tuh pegang ponsel karena memang bosan di rumah. Kita sebagai orang tua sebaiknya ajak anak untuk mengikuti kegiatan yang menyenangkan, untuk mengisi liburan mereka.



Ada banyak yang menyelenggarakan kelas khusus liburan, baik online maupun offline. Misalnya belajar merajut, coding, memasak, dll. Kalau misal lagi low budget, mengapa tidak menjadi tutor bagi anak sendiri? Dengan bantuan dari mbah Google maka ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, seperti belajar bikin kue, latihan motorik halus, dll.

Sesekali anak juga diajak liburan biar gak bosan di rumah aja:

Baca: Liburan Murah Meriah tetap happy

Adakan Konsekuensi / Hukuman

Namanya menegakkan disiplin perlu peraturan dan hukuman. Wah kok seram ya? Yang dimaksud dengan hukuman bukan dengan main fisik / cubit ya. Namun harus diterapkan agar anak paham konsekuensi dari pelanggaran aturan di rumah saat liburan.



Misalnya ketika anak sengaja bangun siang maka jam makan pagi sudah terlewat. Maka konsekuensinya dia harus bikin sarapan sendiri. Dengan hukuman semacam ini maka anak akan lebih disiplin.

Bagaimana, mendidik anak memang butuh perjuangan, bukan? Apalagi kalau sedang liburan. Perlu ada aturan-aturan agar tidak ada kekacauan di rumah. Jangan lupa juga menegaskan ke suami kalau aturan harus diberlakukan, jangan dia diam-diam membebaskan / memanjakan anak atas nama kasihan.

23 komentar:

  1. adik aku banget ini mbak, bangun tidur terus makan, dan bangunnya siang pula.
    aku aja liatnya heran, masalahnya dia udah gede tapi masak kayak anak SD aja hahaha

    memang perlu dilatih ya mbak, bikin jadwal harian gitu, aku langsung keinget waktu aku SD dulu, bikin jadwal harian, jam sekian belajar, jam sekian ngapain. Yaampunnn
    terus sekarang kayak lenyap aja bikin begituan, yang ada ya diingat-ingat aja di kepala jam segini mau ngerjain apa

    BalasHapus
  2. Kalau dipikirkan lagi. Ada benarnya juga nih. Anak jadi nggak disiplin saat libur ya karena merasa nggak ada kegiatan.

    Memang sebaiknya kita bikin jadwal kegiatan harian bersama selama liburan. Jadi, mereka bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan selama liburan.

    Pada akhirnya, mereka bisa disiplin meski sedang libur panjang.

    BalasHapus
  3. memang walau libur sekolah, tetap disiplin. Misalnya tetap bangun pagi dan langsung beraktivitas. Jam sekolah diganti dengan aktivitas bermanfaat selama libur. Takutnya pas mau masuk sekolah, mereka sudah biasa bangun siang.

    BalasHapus
  4. Komunikasi dan bonding yang baik adalah kunci. Dengan komunikasi yang terbuka, kerjasama, dan kasih sayang, orang tua dan anak dapat melewati masa liburan panjang dengan menyenangkan dan penuh kenangan indah.

    BalasHapus
  5. Selama liburan ini anak saya tetap bangun pagi seperti biasanya, karena kegiatan liburannya juga dimulai pagi dengan jam yang hampir sama dengan jam-jam sekolahnya kemarin-kemarin. Boleh bersantai-santai di hari Sabtu dan Minggu saja :D

    BalasHapus
  6. Saya banget nih dulu zaman sekolah hahaha soalnya kan orang tua dua dua nya bekerja jadi yaa kalau libur agak tidak teratur hidupnya

    BalasHapus
  7. anak libur itu kadang lebih santai ga gedebukan di pagiu hari, tapi ortu juga harus kreatif ya agar anak ga bosan selama liburan panjang

    BalasHapus
  8. Kalau bangun pagi, anak saya tetap bangun pada saat adzan subuh berkumandang dan bersama ayahnya ke masjid kampung untuk subuh berjamaah.
    Jadi gak ada perbedaan
    Yg beda mungkin liburan sekolah kali ini, saya mengajak anak untuk bersih-bersih rumah, dan belajar mencuci pakaian serta sendal sepatunya
    Meski belum maksimal, setidaknya anak ada keinginan dan tahu bagaimana cara mencuci
    Mungkin lama lama ia akan bisa sendiri dengan hasil yang sangat bersih

    BalasHapus
  9. Untuk mengatasi ketidak bosanan anak pada waktu liburan panjang, memang bener sich buat kaya jadwal kegiatan gitu. Beri pengertian kepada anak kalo harus mengerjakan apa yang sudah dijadwalkan, sebagai bentuk rasa kedisipilnan.

    BalasHapus
  10. Menjaga kedisiplinan memang agak menantang saat libur panjang ya mbak
    Tapi klo ada jadwal dan kesepakatan bersama, mungkin bisa juga tetap disiplin meski liburan

    BalasHapus
  11. Wah aku kaya flashback aku dulu, haha. Emang kalau liburan itu kaya bebas aja rasanya pengen leyeh2 soalnya terbiasa bangun pagi harus berangkat sekolah, saat libur ada kesempatan buat bangun siang. Tapi, jangan sampai bablas yaa tetep harus ingat aturan dan disiplin.

    BalasHapus
  12. Anakku selama liburan punya kegiatan baru, bikin layangan, entah sudah berapa plastik yg ia habiskan itu, haha.. Jadi, walo pun lagi libur, kegiatan di rumah harus teratur juga ya mbak biar terbiasa.

    BalasHapus
  13. Liburan tantangan menjaga disiplin dan aktivitas belajar anak memang butuh kesabaran dan kerjasama juga antara anak dan orang tua. Kalau kami di rumah tetap menjaga aktivitas yang biasa dilakukan di sekolah sejak pagi apa saja. Midal sholat dhuha, mengaji, hafalan, dan minta si kakak ajarin adiknya

    BalasHapus
  14. Mungkin beberapa hari sebelum libur, asik tuh bikin rencana liburan mau ngapain aja. Pakai tabel excel gitu, kan jadi mikir, sehari-hari harus ada target apa aja. Memang sih, ortu awalnya jadi ikutan sibuk. Gpp sih...ntar tinggal di tabel...hari ini ngapain?

    BalasHapus
  15. Sepakat sih kak. Aku jg masih pake aturan sblm liburan meski liburan gini. Bahkan mamanya kasih les khusus yg waktunya mirip dgn sekolah si kecil. Jd dia ttp dpt pelajaran, bahkan melebihi jam sekolahnya. Asal pas main ya aku biarin sih agak longgar. Trs di akhir pekan ajak jalan2 maunya dia kmn.

    BalasHapus
  16. Ikutan holiday program jg menolong banget sih huehehe jadi ngga ada istilah main terus seharian, oh no wkwkw

    BalasHapus
  17. Paling susah diatur pas waktunya liburan gini tuh waktu tidur. Adikku nih kalo disuruh tidur jawabnya "mumpung besok nggak sekolah, tidur malem aja".

    BalasHapus
  18. Anak2ku nih kayak gini mbak, hehehee... Setiap kali liburan pulang dari pondok, wis to jadinya enggak tertib sama sekali. Sholat aja kesiangan. Klo ditanya, emangnya klo di pondok kalian kayak gitu juga? Jawabnya, klo di sana ya harus on time. Mumpung di rumah bisa santai2 kata mereka. Hedeehh... gemezz ndak tuh

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah "tertolong" dengan kegiatan-kegiatan yang biasa anak lakukan saat libur atau pun nggak libur, jadi nggak terlalu "PR" untuk mendisiplinkannya saat libur. Apalagi kami punya berbagai agenda yang kalau dilakukan kesiangan, alamat batal dilakukan.

    BalasHapus
  20. Libur panjang ini anakku sering banget tidur jam 10 malam mba, padahal biasanya jam 9 sudah merem. Kemudian bangunnya jam 7 atau setengah 8. Kalau saya masuk siang, bisa bablas sampai jam 9. Takut banget kebawa sampai waktunya masuk sekolah nanti. Jadi seminggu ini memang lagi benerin waktu tidurnya.

    BalasHapus
  21. Memang liburan ini dampaknya mashaAllaa yaa..
    Aku sendiri juga jadi gak tegaan, terutama sama kakak yang sehari-harinya di pesantren. Tapi alhamdulillah, kaka uda kebentuk pola di pesantren. Paling nambahin semangat buat rutinitas sunnahnya aja..

    BalasHapus
  22. Kalau pas liburan gini aku biasanya ajak jalan jalan terus jadi ga mageran. Supaya otak mereka juga ga jenuh hehe

    BalasHapus