Kamis, 18 Juli 2024

Pilih Baby Sitter, Daycare, atau Titip ke Nenek?

 Tulisan ini terinspirasi oleh kasus yang lagi viral di media sosial. Di mana ada baby sitter yang menjaga anak seorang selebgram melakukan kekerasan. Ketahuannya dari kamera CCTV tetangga. Ternyata baby sitternya emang sejak dulu bermasalah dan herannya kok tidak di-black list oleh yayasan penyalur?

Kekerasan yang dilakukan oleh suster / baby sitter bukan sekali ini terjadi. Duuh kok seram ya? Namun bagaimana lagi. Kalau memang bunda sibuk kerja, anaknya kudu diawasin orang lain karena tidak mungkin dibawa ke kantor.

Memang jadi dilemma ya, Bun! Di satu sisi kita tuh pengen selalu ada di dekat anak. Namun di sisi lain biaya hidup dan dana pendidikan terus naik, sehingga butuh pendapatan tambahan.



Jadi kalau anak masih kecil (di bawah usia 10 tahun) sebaiknya dijaga siapa? Neneknya? Baby sitter? Atau dititipkan ke daycare?

Sebenarnya semua ada sisi positif dan negatifnya, seperti ini:

Jika Anak Dijaga Baby Sitter

Kebanyakan teman-temanku memakai jasa baby sitter untuk menjaga bayi / anak. Alhamdulillah belum ada masalah yang parah sih. Namun tentu harus berhati-hati saat mempekerjakan orang baru untuk menjaga anak, apalagi yang masih sangat kecil.

Jadi, untuk mencegah kesalahan ke depannya, Bunda kudu pintar menyeleksi calon baby sitter. Pertama, minta fotokopi KTP, jangan sampai dia masih di bawah umur. Kedua, cek media sosialnya. Dari medsos sebenarnya bisa dilihat sekilas karakternya, dia itu alay, error, atau cenderung kalem.



Ketiga, Bunda bisa melakukan tes dengan melihat tanda tangan dan tulisan tangan. Ada kan ahli grafologi dan bisa konsultasi ke beliau untuk ‘membaca’ karakter calon baby sitter. Jika memang sudah OK, jangan lupa pasang CCTV di rumah (yang bisa dipantau dari jauh) untuk antisipasi.

Jangan lupa untuk memberi gaji yang layak, makanan, dan jangan dibebani dengan tugas lain. Kalau ART ya ART, jangan disuruh double kerjaan dengan jaga bayi.

Ketika Anak Masuk Daycare

Jika belum ada baby sitter yang cocok maka alternative lain adalah daycare. Ada yang menerima bayi berusia mulai 3 bulan, tapi ada yang hanya menerima anak berusia setahun ke atas. Sisi positifnya daycare adalah anak bisa belajar sosialisasi karena di sana banyak temannya.





Ada juga daycare yang sekalian ‘sekolah’ jadi anak akan terstimulasi dengan baik. Asyik kan! Daku tuh pernah kerja jadi nanny di daycare dan rasanya happy banget dikelilingi anak-anak yang lucu dan polos.

Namun ketika anak masuk daycare harus dilihat lagi tempat dan fasilitasnya. Pertama, wajib jaga kebersihan. Kedua, cocok dengan visi dan misi daycare, dan yang paling penting adalah biaya bulanannya ramah di kantong. Jangan sampai telat jemput ya karena dikenakan denda.

Titip ke Nenek

Naah ini alternative terakhir: titip ke nenek. Sayang sekali mamaku dan ibu mertua sama-sama masih aktif bekerja, sehingga Saladin tidak bisa merasakan pengalaman dijaga oleh nenek.



Namun untuk titip ke nenek juga ada aturannya ya, walau itu ibu sendiri. Pertama, jangan lupa bekali anak dengan makanan, kue, susu, diaper, dan juga uang. Kedua, kalau memang diasuh nenek ya tidak bisa protes kalau gaya pengasuhannya berbeda. Ketiga, kalau memang neneknya sudah tua sekali (di atas 65 tahun) sebaiknya tidak usah dititipi cucu karena mudah lelah, kasihan.

Bagaimana, anak cocoknya dititipkan ke nenek, baby sitter, atau dimasukkan ke daycare? Memang semua ada plus minusnya ya. Yang paling penting anak diberi pengertian bahwa Bunda bekerja bukan karena ingin menjauh darinya. Namun untuk mengumpulkan uang demi masa depannya.

8 komentar:

  1. ku tim daycareee
    bagus sih bisa belajar sosilisasi jugaaa
    anak makin mandiri ya kan

    BalasHapus
  2. Setiap pilihan pasti ada konsekuensi nya ya mba...idealnya memang seorang anak diasuh lgsg oleh orang tuanya tapi tidak semua mempunyai previlage tersebut...
    Semoga jika kita memang memerlukan bantuan dr pihak luar semoga diketemukan dengan orang2 yg amanah sehingga sebagai orang tua kita juga meradmsa nyaman menitipkan anak kita ❤️

    BalasHapus
  3. Dari dulu anakku pakai babysitter mba. Dan Alhamdulillah nya, aku tuh termasuk beruntung kalo urusan babysitter dan art. Krn kami ga nyari, datang sendiri atau ditawarin tetangga.

    Semuanya yg pernah kerja JD ART dan babysitterku baik semua, lama2 juga kerjanya. Resign Krn nikah dan ada yg karena meninggal usia tua. JD bersyukur dapat yg baik dan bisa mengasuh anakku sampe lumayan gede . Anak2 JD tumbuh baik, bisa sosialisasi, dan sopan itu juga berkat babysitter nya. Sabar2 mereka berdua.

    Saking sayangnya aku bawa kemana2 juga, supaya mereka bisa ngerasain liburan. Untungnya pada resign setelah anak2 gede. Yg ini cocok2an memang, kalo sial bisa aja dpt yg ga baik 😔

    BalasHapus
  4. Aku sekarang udah cukup puas pake layanan daycare mbak. Seneng soalnya anak jadi punya banyak teman, dan ga worry sama kekerasan maupun gadget yang berlebihan.

    Kadang kalo pagi kangen ya paling sekali dua kali dititipin ke orang tua. Itupun durasinya ga lama. Soalnya takut kecapean.

    BalasHapus
  5. beruntung banget mereka yang punya babbysitter bahkan bertahan lama sampe si anak gede, dan aku pernah nangisi waktu liat video di sosmed, yang mana si anak mau ditinggal mudik sama babbysitternya dan sampe nangis parah, sesayang itu. Dan memang pengasuhnya sayang juga ke si anak. Udah kayak keluarga sendiri

    BalasHapus
  6. Dari ketiga opsi diatas memang harus di pertimbangkan secara matang dan dipersiapkan dari semua sisi. Kalaupun pakai baby sitter harus selektif dan buat berjaga-jaga pasang CCTV di area rumah. Tidak semua bisa kita percayakan sepenuhnya soalnya. Apalagi melihat ada banyak kasus menyeramkan terkait pengasuhan anak oleh oranglain, ngeri liatnya.
    Terima kasih sudah berbagi artikel ini, sangat bermanfaat dan membuat berfikir gimana solusi terbaiknya saat punya anak dan ibunya masih harus bekerja.

    BalasHapus
  7. Iya miris banget pas tahu beritanya, ya Allah tega banget mukul bayi yang rewel pun nggak lho, sakit jiwa.. ternyata memang ada riwayat kasar ya sedih banget bisa lolos screening jadi baby sitter semoga dipenjara deh

    BalasHapus
  8. Smua pasti ada plus minusnya ya, bahkan ke ibu sendiri pun. Klo ada dana lebih, better cari baby sitter plus minta tolong eyangnya untuk nemenin. Jadi bisa terpantau dan aman dri kejahatan pengasuh jaman now yg serem2. Pun orang tua jga ga kelelahan krna hanya sebatas memantau saja

    BalasHapus