Jumat, 28 Juni 2024

Pengalaman Saladin Liburan ke Sumber Sıra Tanpa Ditemani Bundanya

 Liburan! Siapa yang suka liburan? Saladin happy nih karena minggu lalu liburan ke Sumber Sıra, Gondanglegi, Kabupaten Malang. Di sana sumber airnya bening jadi asyik buat berenang atau sekadar celup-celup kaki sambil menikmati pemandangan yang masih asri.



Saladin berangkat ke Sumber Sıra naik mini bus, bersama bunda-bunda guru dan teman-teman satu sekolah. Bayarnya murah juga, 50.000 sudah termasuk biaya transportasi, tiket, dan naik kereta sawah.


Pertama Kali Liburan Tanpa Orang Tua



Lah aku gak ikut rombongan dari sekolah? Sebenarnya ortu boleh ikut. Namun aku dan ayahnya Saladin tidak ikut.


Emang sengaja. Mau melihat apakah Saladin sudah mandiri dan berani untuk bepergian tanpa ditemani orang tuanya. Lagipula kan ada bunda-bunda guru jadi bisa mengawasinya.




Aku berani melepas Saladin untuk liburan tanpa ditemani ortu karena pas ramadan lalu, dia sudah bisa menginap (pas ada acara kemping plus pesantren kilat di sekolah). Ternyata aman dan gak nyariin bundanya. Ya sudah, lagian dia berusia 11 tahun, hampir remaja dan bukan balita lagi yang harus selalu ditemani.


Liburan ke Sumber Sıra


Sumber Sıra adalah mata air yang bisa buat tempat renang, jadi nyemplung di kawasan yang masih natural. Bawahnya bebatuan. Tapi ada juga kolam renangnya.




Nah di Sumber Sıra ada juga persewaan motor ATV, bebek kayuh, dan flying fox. Namun Saladin cuma berenang. Dia batal naik bebek kayuh karena uang sakunya tidak cukup.


Saladin kubawakan bekal roti, biskuit, dan 2 botol minuman. Plus uang saku 25.000. Ternyata gak cukup buat sewa bebek kayuh karena uangnya terpakai buat sewa ban, pelampung, dan beli mie cup (plus minum).


 


Ya tidak apa-apa. Saladin jadi belajar menerima kenyataan bahwa tidak semua yang dia inginkan bisa didapatkan. Belajar buat manage uang saku juga. Namanya di tempat wisata, harga makanan dan minuman agak dimahalkan, jadi emang uang sakunya ngepres (dan masih ada kembalian 2.000 rupiah).




Walau aku gak ikut tapi Saladin happy aja tuh. Alhamdulillah walau gagal naik bebek kayuh tapi dia gak ngambek. Menurut bunda guru pas di sana dia juga tidak rewel.


Liburan Bersama Teman Sekolah yang Mengesankan 


Jadi, di sekolah Saladin memang ada agenda liburan rutin, setahun sekali. Pas tahun lalu kami gak ikut karena ada acara lain. Tapi pas tahun ini Saladin happy karena bisa ikut holiday.




Dari liburan ini Saladin belajar banyak hal. Seperti yang sudah kutulis di atas, dia bisa atur uang saku sendiri. Baginya uang 25.000 udah banyak banget karena uang saku hariannya cuma 5.000 hihihi soalnya sekolah sampai jam 12 siang aja.


Kedua, Saladin belajar mandiri dan tidak dikit-dikit megang baju bundanya. Dia jadi percaya diri dan belajar renang juga di Sumber Sıra. Penting banget nih soalnya dia kan anak tunggal jadi harus diajari mandiri, dan gak semua anak tunggal dimanja kaan?


Aku juga senang karena bunda-bunda gurunya Saladin perhatian dan sayang ke dia (dan semua murid). Bahkan mereka juga membuatkan kalung bertuliskan identitas sekolah, biar kalau ada murid yang nyasar langsung ketahuan dari mana. Alhamdulillah pas liburan kemarin itu gak ada kejadian apa-apa.




Kalau tahun depan ada liburan bareng lagi, Saladin bakal kulepas lagi heheheh. Tapi tergantung tempatnya sih. Jika memang menarik maka aku ikut aja, sekalian jalan-jalan. Nah kalian gimana, pernah melepas anak untuk libur sendiri?

18 komentar:

  1. Saladin hebat ya. Dia bisa gitu nggak rewel saat uang sakunya kurang. Bukan hal yang mudah bagi anak untuk menerima kalau dia ingin sesuatu tapi uangnya kurang lho, Kak.

    Keren deh

    BalasHapus
  2. Anak jadi belajar lebih mandiri dan bakal siap nih untuk ke jenjang pendidikan berikutnya ya. Keren dek Saladin dan Bundanya yang udah sama² saling percaya

    BalasHapus
  3. Ganteng banget Saladin tuh Mbak. Hebat udah bisa mandiri dan atur uang saku buat piknik. Emang sih anak laki-laki ya harus berani & jelajah bersama temen. Rame-rame kumpul gitu, harus belajar problem solving sih ya...

    BalasHapus
  4. Bahagia banget ya kak bs ngelepas si kecil utk belajar mandiri meski dr liburan. Semoga aja Saladin makin berani dan bs kreatif selama liburan ini.

    Salut loh dgn si kecil yang ga jajan banyak. Biasanya si kecil tuh suka main apa aja dan bs aja bgabisin uang saku. Hehe. Tp Saladin bs jagain itu meski ya uang sakunya abis jg. Haha.

    BalasHapus
  5. Kalo aku sendiri melepas anak untuk acara sekolan outdoor belum pernah karena anakku juga masih TK. Tapi kalo aku suruh beli roti atau apa gitu kewarung kadang aku suruh sendiri, tapi aku kasih otoped biar cepat Dia. Karena worried juga, terlebih ini bukan negaraku sendiri.

    BalasHapus
  6. Senangnyaaaa Saladin! Anak saya juga sudah bisa dilepas, sayangnya di TK kemarin enggak ada kegiatan wisata jarak jauh. Ada 2x minitrip di dalam kota dimana sama sekali parent tidak boleh ikut. Lumayan, anak jadi belajar mandiri, toleransi, berbagi, dan lain-lain.

    BalasHapus
  7. asyik banget iniii. tempatnya kelihatan seru gitu. apalagi sambil belajar mandiri bersama teman-teman dan guru-gurunya ya, keren

    BalasHapus
  8. Saladin keren, sudah bisa belajar mandiri, memanage uang saku, dan gak iri sama temen lainnya yang bisa naik bebek kayu tapi dia tetep happy menikmati liburannya..

    BalasHapus
  9. Saladin sudah 11 tahun dan mandiri. Senang ya nambah pelajaran dan pengalaman buat Saladin.

    BalasHapus
  10. Udah mandiri sih mbak Saladin, udah bisa dilepas study tour bareng teman-temannya. Seneng kalau ngelihat anak-anak mandiri tuh

    BalasHapus
  11. masyaAllah anak sholeh udah mulai mandiri ya. Kalau aku udah was was nggak karuan, cuma demi kebaikan anak ya belajar mandiri hihi

    BalasHapus
  12. Wah pinter banget Saladin yaa, sudah bisa jalan sendiri tanpa didampingi orang tua. Semoga menjadi lebih pemberani yaa

    BalasHapus
  13. Udah 11 tahun InsyaaAllah udah ngerti deh, Bund, hehe.. Anaknya juga baek budi gitu, kok. Btw, 50K udah include semua sih murah bingit.

    BalasHapus
  14. Hmm, aku masih ragu sih anak liburan sendiri
    Apalagi anakku cewek
    Ngemall bareng temennya aja aku temenin
    Heje

    BalasHapus
  15. Seru yaah..
    Anak-anak berlibur dan semoga menjadi rihlah agar mereka bisa refreshing untuk kembali back to school dengan perasaan happy.

    Keren Saladin.

    BalasHapus
  16. Wah seru banget liburannya Saladin. Beruntung ya semua gurunya care dan sangat mengurus peserta didiknya :)

    BalasHapus
  17. Wah, keren banget Saladin bisa liburan ke Sumber Sıra tanpa ditemani orang tua! Pengalaman seperti ini pasti bikin dia tambah mandiri dan percaya diri. Seru juga ya, belajar mengatur uang saku dan menikmati waktu bareng teman-teman. Salut juga buat bunda-bunda guru yang perhatian banget sama murid-muridnya. Semoga liburan berikutnya lebih seru lagi dan siapa tahu bisa naik bebek kayuh juga!

    BalasHapus
  18. meski anak udah usia SD seperti anak pertama saya udah kelas 3 mau naik kelas 4, tetep aja kalo ada acara keluar sekolah apalagi liburan tanpa diampingi ortu tetep cemas ya. tapi ternyata anaknya mah asyik asyik aja, enjoy dia, hahaha

    BalasHapus