Jumat, 21 Juni 2024

Mengapa Harus Sekolah Alam?

 Siapa pernah dengar tentang ‘Sekolah Alam’?  Saat ini makin banyak ya jenis sekolah. Ada yang negeri, madrasah ibtidaiyah, SDIT, SD nasional plus, sampai sekolah alam.



Saladin belajar di salah satu sekolah alam di Kota Malang. Tempatnya cukup jauh dari rumah kami, sekitar 5,5 kilometer. Sebenarnya yang bikin jauh tuh karena tempatnya di lereng pegunungan. Jadi kudu naik-naik dan berkelok-kelok. Kayak mau piknik, wkwkwk.

Alasan Anak Belajar di Sekolah Alam

Saladin tuh dulu sempat belajar (selama beberapa hari) di sebuah SD Negeri. Namun ternyata tidak cocok dan akhirnya pindah. Cerita lengkapnya bisa dibaca di bawah ini ya:

Cerita Saladin Dikeluarkan dari Sekolah

Alhamdulillah akhirnya dapat sekolah swasta yang sreg di hati. Infonya dari Instagram nih! Di sekolah ini Saladin betah banget sampai dia enggak mau libur, hihihihi.



Lantas mengapa harus di sekolah alam? Pertama, sekolah ini berbasis karakter. Jadi yang diajarkan bukan hanya sains, sosial, matematika, dll. Namun juga pembelajaran karakter dan adab. Misalnya anak wajib salat dhuha tiap pagi (bagi yang muslim- dan ini bukan sekolah islam ya, menerima murid dari semua agama).

Pembelajaran karakter tuh kayak gini: anak dibiasakan untuk belajar lapangan alias piket dan ada jadwalnya. Saat belajar lapangan bukan hanya bersih-bersih kelas. Namun juga mencabuti rumput, menyapu lapangan, dll. Mengapa diwajibkan? Karena murid akan belajar mencintai kebersihan dan terbiasa untuk bekerja dengan cepat, serta bertanggung-jawab.



Benar lho, kepala sekolah (Bunda Wanda) beberapa kali cerita kalau belajar lapangan dan program-program lain di sekolah akan membentuk karakter anak. Para murid juga diajari keterampilan seperti cara melipat baju, membuat batik sederhana, bikin eco print. Jika mereka rajin dan terampil maka di masa depan akan jadi orang dewasa yang rajin bekerja, sat-set, dan tidak mudah mengeluh.

Sekolah yang Cocok untuk Anak Kinestatik

Alasan utama mengapa Saladin belajar di sekolah alam adalah karena sekolah ini cocok untuk anak kinestatik. Dari usia 2 tahun, anakku memang susah diam, hobi manjat pohon, lari-larian, geraaak terus. Bahkan pernah manjat kulkas lalu kulkasnya jatuh, pintu freezer lepas, dan akhirnya kulkas kukirim ke rumah mama biar aman.



Sampai dulu tuh curiga, Saladin apa ADHD ya? Ternyata setelah konsultasi ke seorang psikolog anak, jawabannya enggak tuh, hanya over active karena masih ada pandangan matanya. Kalau dia manjat juga ada tujuannya (misalnya mengambil mainan di atas lemari).

Kalau dia ada di sekolah konvensional lalu belajar berjam-jam sambil duduk diam ya mana betah! Oleh karena itu Saladin senang belajar di sekolah alam karena pembelajarannya semi outdoor. Sampai dia enggak putih lagi, hiks, enggak apa-apa lah, anak laki-laki.

Cara Belajar Anak Kinestatik

Jadi cara belajar anak kinestatik tuh gini: setelah salat dhuha berjamaah, anak-anak belajar lapangan lalu beraktivitas di luar ruangan. Misalnya menggelindingkan ban bekas, lari-lari, dll. Setelah capek baru mereka diajak membaca buku di perpustakaan.



Anak kinestatik perlu dihabiskan dulu energinya dengan banyak aktivitas fisik. Baru mereka mau belajar di dalam kelas atau perpustakaan. Menggelindingkan ban juga ada manfaatnya karena para murid bisa lebih fokus.

Bunda Guru yang Sayang

Alasan lain Saladin betah di sekolah alam adalah para bunda guru sayang ke semua murid. Ada beberapa bunda guru, 1 bunda kepala sekolah, dan 1 bapak guru (masih baru). Bunda gurunya sabar dan telaten dalam mengajar anak-anak yang kadang tingkahnya ‘ajaib’.



Bahkan minggu lalu Saladin piknik ke Sumber Sira (nanti artikel dibuat terpisah ya). Aku sengaja enggak ikut. Alhamdulillah dia bisa mandiri dan di sana dibimbing oleh para bunda guru.

Jadii kalau mau cari sekolah buat anak, pilih yang cocok dengan kepribadiannya. Jangan memaksa anak di sekolah tertentu hanya karena di sana berprestasi. Sedangkan anaknya sendiri malah kurang sreg, jangan dipaksain atuh, kasihan!



Sekarang di usia 11 tahun Saladin lebih fokus, sabar, dan tidak lagi emosional. Sudah capek manjat juga, hobinya main lego dan catur. Rencananya nanti SMP lanjut juga di sekolah alam (yayasan yang sama). Kalian gimana, pernah masuk ke sekolah alam?

45 komentar:

  1. Keren kak. Benar juga, kita harus membiarkan anak untuk bisa memilih hendak sekolah dimana supaya anak juga belajar untuk mulai mandiri.

    BalasHapus
  2. Tidak semua orang tua atau guru paham tentang VAK sehingga terkadang anak yang kinestetik dianggap anak nakal karena tak bisa diam dan patuh.

    BalasHapus
  3. Anak aku juga tipe kinestetik, boleh juga yaa sekolah alam. Aku coba info tentang sekolah alam deh, kayanya bisa cocok buat anakku jg. Makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  4. Masyaallah seru banget nih kalau suatu saat agenda sekolah alam bisa diadakan disetiap sekolah di Indonesia. Dengan adanya sekolah alam seperti ini, dapat melatih siswa lebih dekat dengan alam sekitar dan mengetahui bagaimana cara merawat dan menyayangi alam.Diharapksn semakin banyak bermunculan pencinta alam yang semakin menyadari pentingnya pelestarian

    BalasHapus
  5. Keren sih ini, aku apresiasi banget guru yang bisa memandang siswa siswanya unik, memberikan mereka kebebasan belajar sesuai karakter anaknya

    BalasHapus
  6. Keren ortunya Saladin notice banget, putranya perlu sekolah jenis yg kayak apa. Hihi...lucu paragraf akhir, "Sudah capek manjat juga"...yg kalik udah jangkung masih nongkray di atas kulkas...Alhamdulillah, ketemu ya passionnya...
    Sekarang banyak ya metode/kurikulum sekolah anak. Zaman dulu, kalo ga negeri ya swasta...

    BalasHapus
  7. Tidak ada baju seragam ya mbak? Itu naik ke lemari mau ambil apa. Beneran tidak punya takut ya :)).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh pakai seragam, boleh tidak. Bahkan boleh pakai sandal.

      Hapus
  8. emang perlu dipahami yah sekolah apa yang sekiranya cocok dengan anak biar anak juga bisa mengembangkan kemampuan dan anakpun bisa menikmati pendidikan dengan nyaman dan sesuai dengan keinginan

    BalasHapus
  9. bagus ini sekolah alam karena pembelajarannya semi outdoor. jadi anak yg aktif banget nggak merasa bosen duduk belajar di kelas aja

    BalasHapus
  10. saya juga suka banget konsep sekolah alam yang semi outdoor gitu bunda..suka deh kalau lihat anak aktif gerak kesana-kemari..meskipun kita liatnya capek tapi stimulus perkembangan mereka secara gak langsung terpenuhi juga...semoga jadi anak sholeh ya Saladin

    BalasHapus
  11. Anak saya juga anak kinestetik, alhamdulillah dapat sekolah yang pas untuknya. Bisa dibilang sekolah alam, meskipun mereka tidak memproklamirkan diri sebagai sekolah alam.

    BalasHapus
  12. Sekolah alam ini salah satu pilihan metode pendidikan untuk anak nantinya. Walaupun masih beberapa tahun lagi sekolahnya, tapi sekarang lagi cari cari informasi sebanyak banyaknya

    BalasHapus
  13. Kayaknya sekolah alam ini cocok untuk anak tipe aktif juga. Anak juga bisa diajarkan untuk lebih mencintai lingkungan.

    BalasHapus
  14. Berarti kenali juga karakter si anak, lalu bisa nih mau memasukkannya ke sekolah yang mana ya kak. Semisal ingin ke sekolah alam pun juga masuk, karena banyak manfaat yang akan diterimanya

    BalasHapus
  15. Ngobrolin sekolah alam memang asik banget ini, apalagi kalau dihubungkan dengan minat bakat anak dan dikolaborasikan denganfitrah based education. Kebetulan sekarang lagi belajar dan mau mendalami FBE, Sekolah Alam, dan Tallent Mapping nih.

    BalasHapus
  16. Seneng bgt bun punya anak aktif. Yg repot tuh kalo diam mulu ya. Disuruh kluar rumah ga mau. Sebenarnya ada enaknya sih. Kita jd ga khawatir dia akan lari2 keluar rumah/main manjat kyk Saladin ini.

    Tp adal masih positif, Saladin smg bs tumbuh jd anak yg berguna bg ortu, agama, bgsa dan negaranya ya bun. Smg sekolah spt ini mkn bnyk berdiri di tempat lain. Seru bgt aktivitasnya.

    BalasHapus
  17. Aku tadi sempat mampir di tulisan sebelumnya tentang Saladin dikeluarkan sekolah trus nyaman da betah di sekolah Alam, ya Allah bun auto ingat cerita Totto-chan. Ternyata banyak ya Totto-chan2 lain di dunia ini dan masih banyak oknum guru yang ngga bisa menghadapi anak seperti Totto-chan dan Saladin. Aku jadi yakin ngga mau masukin anakku ke sekolah negeri

    BalasHapus
  18. Ga jemu ya jadinya cuma dengerin guru di kelas, Saladin bisa banyak aktivitas yang relate di luar kelas

    BalasHapus
  19. Karena masih SD menurutku sih tetep harus ada peran ortu untuk mengarahkan yaa, bukan cuma sekadar nurutin anak maunya ini itu, karena juga pasti mereka maunya yg menurut mereka bagus dan enak, hehe.. sekolah mana aja asal sesuai dengan nilai keluarga kita yaa mba

    BalasHapus
  20. Untuk beberapa anak, ada yg tipenya di sekolahkan di sekolah alam tuh cocok.. tp ternyata setelah lewat psikotest,anakku gak cocok hihi

    BalasHapus
  21. Memang ada ya, beberapa anak yang kalau dia ada di sekolah konvensional lalu belajar berjam-jam sambil duduk diam, gak akan betah. Seperti anak kinestetik pastinya senang bisa sekolah alam ya.

    BalasHapus
  22. Ih seru loh sekolah alam itu, itung-itung buat anak refreshing juga, jadi gak melulu ngadepin pelajaran reguler, xixixi..

    BalasHapus
  23. Eh ini bener lho, anak kinestetik memang lebih cocok sekolah di sekolah alam. Dulu salah satu adikku kan juga tuh, di sekolah konvensional bermasalah mulu. Akhirnya pas pindah ke sekolah alam, eh malah berprestasi

    BalasHapus
  24. Keponakanku kebanyakan pada sekolah di alam.. baru tahu juga kalau sekolah alam ini cocoknya untuk anak kinestetik ya

    BalasHapus
  25. Seru juga ya sekolah alam, aku aja dulu sekolah kawasan militer tapi hobinya manjat pohon jambu, wkwkwk. Ini cocok untuk anak yang hyper active, apalagi cara mengajar guru-gurunya juga beda.

    BalasHapus
  26. Menemukan sekolah yang pas dengan karakter anak memang perlu banget, supaya anak betah bersekolah dan perkembangan karakternya juga lebih terarah.

    BalasHapus
  27. Anak-anak kalau sudah menemukan sekolah yang pas bukan saja jadi rajin sekolah, malah tidak mau pulang ya Mbak. Memang orang tua harus mencari sekolah yang tepat untuk sang anak demi dukung tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  28. Sekolah alam memang mengajarkan anak-anak untuk bergerak aktif dan memandang luas ruang belajar dan pelajarannya.
    Di Bandung yang namanya sekolah alam juga lokasinya sangat menantang. Hihihi.. jadi aku agar reuwas kalau pas musim hujan.

    BalasHapus
  29. Saya mantan guru sekolah alam Bun. Dulu ngajar di Sekolah Alam Depok. Dulu murid-murid saya juga betah di sekolah, pada gak mau pulang. Dan anak lulusan sekolah alam itu biasanya tangguh-tangguh. Ini tidak lepas dari kurikulumnya dan pembinaan guru yang dilakukan secara rutin.

    BalasHapus
  30. Iya, aku dulu juga berpikir memasukkan anak ke sekolah alam
    Tapi nggak ada yg dekat rumahku, huhu sedih

    BalasHapus
  31. Seru ya mba Avi sekolah di sekolah alam, karena kurikulumnya menyesuaikan dengan karakter anak.

    BalasHapus
  32. Ooo gitu ya ternyata cara menangani anak2 di sekolah alam. Bagus tuh, sekolah memberikan perhatian khusus pada anak2 dengan tipikal masing2. Alhamdulillah Saladin cocok ya mbak belajar di situ, jadi makin berkembang tingkat kesabaran dan kemampuan mengendalikan emosinya.

    BalasHapus
  33. Keponakan saya juga ada yang dimasukkan ke sekolah alam mba dan memang bagus membentuk beberapa karakter penting dalam dirinya meskipun masin anak-anak sudah keliatan, kurikulum mereka bagus ya

    BalasHapus
  34. anak kinestetik emang kayanya lebih cocok ke sekolah alam yang punya banyak kegiatan di luar ruangan gitu yaaa kak.. jadi mereka bisa lebih eksplor dan belajar dari alam yaaa

    BalasHapus