Minggu, 23 Juni 2024

Wawancara dengan Jihan Mawaddah, Bloger Juara dari Kota Malang

 Siapa tak kenal dengan Jihan Mawaddah? Bagi teman-teman yang aktif di dunia blog pasti familiar dengan namanya. Mbak Jihan adalah bloger juara karena sudah lebih dari 70 kali menang lomba blog. Bahkan beliau pernah memenangkan hadiah sepeda motor, mantap banget!

Profil Jihan Mawaddah

Nah, kita kulik dulu profil Mbak Jihan ya. Tanggal 17 Januari adalah hari bahagia bagi Jihan Mawaddah karena sedang milad.



Lahir dan besar di Kota Malang, Jihan ternyata menyandang gelar sarjana Biologi dari Universitas Negeri Malang. Namun beliau tidak menjadi guru Biologi, tapi jadi bloger karena sejak SD sudah hobi menulis. Benar-benar dari hobi jadi profesi.

Perjalanan Menjadi Bloger

Lantas sejak kapan jadi bloger? Ketika diwawancarai secara online, Jihan bercerita kalau beliau awalnya menulis untuk situs lain. Namun untuk mendapatkan uang kok lama sekali, itu pun artikelnya harus viral (karena memakai sistem pageview baru dapat bayaran).

Padahal sebenarnya Jihan sudah memiliki blog sejak SMP. Akhirnya beliau memutuskan untuk serius menulis di blog sendiri pada tahun 2018. Kala itu ya langsung membeli domain dan hosting alias bikin blog TLD (top level domain). Blog pertamanya adalah Jeyjingga.



Kelahiran Jeyjingga disusul dengan kemunculan blog-blog lainnya, ada JendelaCaca (tentang parenting), SevenBrothers, Situsok, dan lain-lain. Nah, blog Situsok awalnya kukira dibaca ‘situ sok’ ternyata yang benar adalah ‘situs OK’, astagaa. Maaf intermezzo dulu ya.

Bagaimana Cara Dapat Uang dari Blog?

Apakah blog bisa menghasilkan uang? Bisa banget. Jihan ngebocorin nih caranya yaitu konsisten update artikel. Eh emang bener lho, di blog-blog beliau jumlah tulisannya banyak banget. Dalam setahun minimal ada 170 artikel alias hampir 2 hari sekali ada konten baru.

Jika seorang bloger sudah konsisten bikin konten maka akan datang tawaran job dari berbagai brand. Nah, sudah tahu kan rahasia mengapa para bloger dapat banyak uang? Sedangkan cara lain untuk mendulang cuan dari blog adalah dengan ikut lomba.

Tips Menang Lomba Blog

Teman-teman pernah ikut lomba blog? Sering kesal karena kalah melulu? Nah ini ada tips memenangkan lomba blog, yang disarikan dari salah satu tulisan di blog JeyJingga:

1. Baca Baik-Baik S&K

Saat akan ikut lomba kan ada pengumuman, tanggal deadline, dan syarat serta ketentuan lomba. Yang harus dipenuhi ya S&K (syarat dan ketentuan) lomba dulu. Misalnya harus pasang banner di blog, kudu follow akun media sosial penyelenggara lomba, dll. Jika sudah OK baru masuk ke tahap berikutnya.



2. Memahami Tema

Ada banyak lomba blog dengan bermacam-macam tema. Lantas apakah semuanya harus diikuti? Ya kalau temanya disukai atau dipahami, OK aja. Namun ketika temanya dirasa membingungkan, terlalu sulit dan njelimet, atau tidak sesuai dengan value bloger, ya pass dulu deh.

3. Jangan Mepet Deadline



Siapa yang punya motto ‘the power of kepepet’? Sebenarnya hal ini enggak bagus lho karena (menurutku) hasilnya jadi kurang maksimal. Nah, Jihan bercerita kalau dirinya sudah menetapkan deadline sendiri, misalnya 2 hari sebelum deadline lomba yang sebenarnya. Alias jangan terlalu mepet.

4. Perbanyak Referensi

Jurus selanjutnya adalah membaca banyak referensi alias riset. Nah ini sejalan dengan yang daku pernah baca di salah satu novel karya A Fuadi. Di novel tersebut dikatakan kalau seorang wartawan perlu riset yang mendalam sebelum membuat berita.

Nah, sudah mengenal dekat sosok Jihan Mawaddah, kan? Kalau mau menang lomba blog seperti beliau memang kudu mau serius dalam mendalami dunia menulis serta konsisten ngonten. Jangan lupa juga untuk banyak membaca buku dan memperbanyak referensi dari yang lain. Yuk terus semangat ngeblognya.

32 komentar:

  1. inspiratif sekali. meskipun jelas untuk menjadi blogger yang konsisten dan hebat membutuhkan banyak waktu dan tenaga, tetapi sebanding dengan hasil yang didapatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Keren banget lho, hadiah lombanya bisa dijadikan rumah

      Hapus
  2. Konsisten itu seperti kunci keberhasilan dibidang apapun bukan hanya menulis. Hanya saja terkadang kita inginnya instan.

    BalasHapus
  3. Mbak jihan salah satu blogger inspirasi aku juga, udah banyak prestasi yang dimilikinya. Kunci utama sukses dan bisa menghasilkan emang harus konsisten ya

    BalasHapus
  4. Saya juga mau aaah konsisten ngeblog biar bisa beli rumah 😁 terima kasih Kak Jihan sudah menularkan semangat juangnya untuk saya yang masih pemula. Terima kasih juga Bunda Saladin sudah menulis kisahnya Mba Jihan 🥰

    BalasHapus
  5. Keren banget mba Jihan 🤩😍 Beneran inspiratif nih. Rupanya kenapa tulisan ku belum ada yang menang lomba, salah satunya karena aku masuk kategori tim mepet deadline 🥺 Salah satu yang emang ga patut di tiru ya. Saat nulis mepet deadkibe alhasil ga bisa maksimal sih yang sudh-sudah. Mba Avi makasih banyak yaa sudah menayangkan artikel keren ini, sangat menginspurasi serta manfaat bagi aku si prmula ini, memang harus berjuang nulis secara konsisten dan ikutan lomba dengan tema yang disukai, semangat 😇💪

    BalasHapus
  6. semoga aku juga bisa konsisten nulis..nambahin kuoata dl deh kalo biasanya seminggu sekali semoga bisa jadi seminggu 2x yaa hehhe...
    kalo soal lomba aku ya ikut2an skalian mengasah kemampuan biar temanya juga agk berbeda namun jika temanya aku rasa terlalu berat aku juga pass aja daripada dipaksain malah jd bingung sendri kan ya

    BalasHapus
  7. Aaaah semoga aku kecipratan rezekinya yaa abis baca tulisan ini.
    Meskipun kemaren agak kezzel karena salah sendiri ga baca S&K dengan jeli, tapi Alhamdulillah semangat buat ikutan lomba mah masih amaan, belum luntur..
    Insya Allah, semangat buat ikutan lomba Ah..

    BalasHapus
  8. Wawancara dengan Jihan Mawaddah benar-benar inspiratif. Kisah dan tipsnya dapat menjadi panduan bagi para blogger muda yang ingin meraih kesuksesan. Saya yakin bahwa Jihan akan terus berkarya dan menjadi salah satu blogger ternama di Indonesia.

    BalasHapus
  9. Selama ini hampir enggak pernah ikut lomba blog karena minder duluan. Berasa ide yang mau ditulis tuh kurang pas teruss. Jadi salut banget sama peserta lomba plus blogger yang langganan menang lomba. Keren banget.

    BalasHapus
  10. Saya pernah satu tim bersama Mbak Jihan ini dan memang orangnya sangat teliti dan juga kreatif sehingga beliau punya banyak ide menarik yang bisa disampaikan. pantesan juara berbagai lomba dengan keren itu

    BalasHapus
  11. Aku termasuk yg jaraaaaang banget ikut lomba, Krn merasa jarang beruntung hahahahaha.

    Kayaknya lebih suka ikut JD sponsornya aja 🤣.tapi milih2 juga.

    Pernah denger sih ttg Jihan ini, tp aku ga banyak baca tulisannya.

    Tips dari orang yg sering menang lomba harusnya bisa JD bahan belajar utk temen2 lain yg suka ikutan lomba 😄

    BalasHapus
  12. Awalnya dulu aku bikin blog hanya untuk nulis pengalaman traveling aja, tapi ternyata kesini-sininya banyak dapet job dari situ.. happy banget .. Alhamdulillah

    BalasHapus
  13. Yang nama konsisten itu selalu menjadi juara untuk sebuah keberhasilan, terus ambil cermin ketika tahu nulis 2 hari sekali, apa kabar diriku?

    BalasHapus
  14. kereeen. eh kira-kira mbak jihan ini mau gak ya buka kelas privat biar menang lomba? soalnya aku belum pernah menang lomba blog nih

    BalasHapus
  15. mba Jihan itu blogger dan artisnya orang Malang,, wkwkwk.. meski aktivitasnya seabrek (sering liat IGs-nya) tapi masih sanggup kelola banyak blog.. inspirasikuhh

    BalasHapus
  16. Keren nih, Mbak Jihan. Sudah 70 akali menang lomba blog. Sementara saya, baru dalam hitungan 10 jari hahaha. Apalagi sudha punya blog sejak SMP. Nah, ilmu biologi itu pastinya bisa dibagikan ke blog dan pasti bermanfaat bagi banyak orang.

    BalasHapus
  17. Wah luar biasa kekonsistenan menulis artikel dari mba Jihan. Prestasinya juga patut dibanggakan ya. Kalo ada kelas gimana cara menang lomba mau ikut juga nich aku.

    BalasHapus
  18. Ya ampun, beneran luar biasa ini, mah. Blognya banyak betul dan bisa konsisten nulisnya. Keren banget Mbak Jihan nih.

    BalasHapus
  19. Inspiratif banget nih kak Jihan. Beliau juga rajin menang lomba. Dan tulisannya emg bgs banget. Story tellingnya tuh dpt bgt. Keren sekali kak.. Lanjutkan kisah2 inspiratifnya ya.

    BalasHapus
  20. Buat saya nama Jihan Mawaddah sungguh sangat familiar, sayangnya belum pernah bertemu muka.

    BalasHapus
  21. Kalau Mbak Jihan gak usah diragukan lagi ya... banyak banget menang lomba. Dulu sering barengan, dan Mbak Jihan sering banget menang. Salut banget pokoknya.

    BalasHapus
  22. Mba Jihan itu salah satu blogger yang prestasi nulisnya memang tidak diragukan lagi, keren banget dan sangat menginspirasi blogger perempuan lainnya pastinya

    BalasHapus
  23. terimakasih mba Avii, semoga apa yang ditulis di sini bisa jadi pengingat juga buatku yak, belajar banyak juga dari tmen2 semua

    BalasHapus
  24. Aku memanggilnya Jingga, hehe.. Blogger satu ini memang si paling panutan banget deh. Khususnya buat aku.

    BalasHapus
  25. Widih, ngeblog sejak SMP. Bisa ditebak, Jihan pasti beda generasi denganku. Hehehe.... Btw, hebat konsistensinya dalam ngeblog. Anak muda memang mesti semangat begitu.

    BalasHapus
  26. Suka banget sama tulisannya ka Ji..
    Rasanya tuh bisa sederhana, mudah dimengerti pembaca dan "ngena" gitu.

    Nuhun, ka Avi... uda meresume hasil wawancara sama ka Ji.
    Semoga sukses selalu untuk blogger Indonesia.

    **btw, ka Ji punya grup ODOP dimanakah?
    Pingin kepoo...tapi maluuu..

    BalasHapus
  27. mbaa ji ini salah satu blogger panutanku jugaa..konsistenannya itu lho patut diapresiasi dan gemar membacanya bikin iri

    BalasHapus
  28. Inspiratif banget mbak Jihan ini. Aku juga mulai fokus ngeblog pas tahun 2018 meski sudah punya blog sejak 2009, tapi belum sekonsisten mbak Jihan yang bisa dapat banyak pengalaman dan hasil yang memuaskan dari ngeblog. Keren banget!

    BalasHapus
  29. Emang juara sih mbak ji nih,, dari awal ngeblog, aku ngefans bgt hihi.. bisa gt tiap tulisannya, story tellingnya ngena bgt, mantap deh

    BalasHapus