Rabu, 26 Juni 2024

Jodha Akbar dan Wanita di Dunia yang Patriarki

 Judulnya serius amat ya? Hihihi, bukaan, ini bukan esai tentang feminisme dan anti patriarki. Cuma daku mau cerita tentang pengalaman nonton (penggalan video) serial Jodha Akbar. Ada yang suka nonton serial India ini?

Nah, beberapa tahun lalu kan sempat heboh ada serial berjudul Jodha-Akbar yang tayang di salah satu stasiun TV. Daku nonton tapi pas di episode-episode terakhir gak full menyimak (karena bercerita tentang anaknya Ratu Jodha dan kisah cintanya yang tragis). Episodenya lumayan yaa lebih dari 100, tapi ini bagus kok karena scene per scene cukup cepat.

Kisah Cinta Putri Jodha dan Raja Jalaluddin Akbar

Jadi, cerita singkatnya Jodha-Akbar tuh gini: seorang putri dari Kerajaan Rajput bernama Jodha sedang bahagia di hari ulang tahunnya. Dia dipenuhi cinta dari ayah, ibu, adik-adiknya, kakak-kakaknya, dan kakak sepupunya. Akan tetapi ada kekacauan saat kakaknya Jodha diangkat jadi pangeran mahkota.

                                        Ratu Jodha

Kacau? Iyaa karena raja Rajput adalah adik dari raja yang sebelumnya. Jadi kakak sepupu Jodha (anak raja yang dulu) protes mengapa bukan dia yang jadi pangeran mahkota. Dia lalu memberontak dan kabur.

Jodha sedih tapi dia harus menerima nasib: dijodohkan dengan Raja Suryabanh Singh. Adik perempuannya kesal karena juga naksir si Surya, lalu ‘mengutuk’ agar Jodha diculik oleh musuh (pasukan Kerajaan Mughal). Sementara yang hampir diculik malah Moti Bai, pembantu Jodha, saat mereka sedang berdoa di kuil.

                                Jodha

Ternyata ‘kutukan’ jadi kenyataan. Suryabanh meninggal di medan perang. Kerajaan Mughal berhasil melawan Kerajaan Rajput dan pangeran-pangeran diculik. Jodha harus mau menikah dengan raja Mughal (Jalaluddin Akbar) sebagai barter dari kakak-kakaknya.

Jodha sekali lagi harus menerima nasib, terpaksa menikah dengan musuh. Ternyata Kerajaan Mughal bisa menang karena ada andil dari kakak sepupu Jodha yang masih dendam karena gagal jadi pangeran mahkota. Wadidaw! Perebutan posisi mengerikan sekali ya.

                                Raja Jalal dan Jodha

Akhirnya Jodha menikah dan pindah ke istana Kerajaan Mughal. Langsung disambit eh disambut oleh Ratu Ruqaiyya, istri utama dari Raja Jalal, cantik tapi menyeramkan. 

                               Ratu Ruqaiyya

Ada pula Maham Anga, Perdana Mentri yang berkuasa dan dia di atas angin karena menjadi pengasuh sekaligus ibu susu sang Raja (waktu masih kecil).

                                Raja Jalal dan Maham Anga

Walau Jodha tidak betah tapi untung ada ibu mertuanya yang baik bangeeet, Ratu Hamida. 

                                                   Ratu Hamida

Ada juga Ratu Salima, istri kesekian raja yang dulu adalah istri kedua dari gurunya Akbar (Bairam Khan). Jadi, Salima dinikahi untuk melindunginya, bukan karena cinta. Mbulet dah!

Kesanku Setelah Nonton Ulang Jodha-Akbar

Raja punya harem karena dulu di sana adalah hal yang biasa. Namun daku mau komentar mengenai kostum-kostumnya, bagus-bagus euy. Ceritanya juga memiliki alur cepat sehingga tidak membosankan. Total daku nonton ulang sampai 3 kali (yang terakhir nontonnya di sosial media jadi tidak full dari episode pertama).

Wanita di Dunia yang Patriarki

Yang paling menonjol dari serial ini adalah: mengapa nasib para wanitanya menderita? Meski enggak semuanya ya. Jodha awalnya terpaksa menikah dengan musuh. Sampai di istana malah dijutekin ama another wives. Poligambreng, haloo?

                                                Ratu Salima

Kalau dibalik? Jadi seperti Pancali alias Drupadi di Mahabharata, she has 5 husbands. Astaga! Jangan dibawa serius deh, kan namanya cuma cerita.

Ada juga adiknya Raja Jalal, namanya Bakshi Banu. Dia dijodohkan dengan tangan kanan raja, Sharifudin. Namun malah tersiksa karena sang suami tidak mencintainya.

                                          Bakshi Banu

Meski ada patriarki di Jodha Akbar tetapi sutradara dan penulis naskah berhasil membuat cerita mengenai wanita-wanita pemberani dan pemberontakan mereka (dalam hal yang positif). Misalnya adegan-adegan ketika Jodha mahir memainkan pedang, memanah, dan berkuda. 



Ratu Jodha dan ratu-ratu lain juga berhasil melawan musuh dan pasukan wanitanya keren banget.

Emang Enak Jadi Istri Raja?

Ada satu lagi yang terpikir: emang enak jadi istri raja? Uang dan emasnya banyak tapi tugasnya juga banyak, harus mau menerima tamu, berbasa-basi, ikut mengatur kerajaan. Capek deh! Mending jadi orang biasa?

Nasib sang Kasim yang Selalu Menderita

Satu lagi yang bikin sedih adalah: kehadiran kasim di serial Jodha Akbar. Kasim=pembantu dan mereka adalah wadam alias dulu pria tapi dipaksa jadi wanita dengan jalan yang mengerikan. Nasibnya malah seperti budak dan tersiksa walau tinggal di istana.



Sudahlah, namanya juga cerita, walau based on true story tapi pasti ada dramatisasinya. Cuma yang paling daku ingat dari serial Jodha Akbar adalah ketika ratu memanggil suaminya ‘yang mulia’, ya karena dia raja sih. Jadi pengingat untuk lebih menghormati suami, meski dia bukan raja. Kamu suka nonton serial atau film India?

8 komentar:

  1. Ada bloger Sby mba Yuniari yg sukaaa bgt ama jodha akbar ini

    ku inget dulu doi seriiingg nyetatus soal jodha akbar

    BalasHapus
  2. wow sampai 100 lebih episodenya mba??? keliatannya aku bakal gak sabar deh liatnya hehehe...aku juga inget dulu pas lagi hits2 nya semua pada liat jodha akbar tp entahkok aku gak tertarik waktu itu
    yang aku suka dari film india itu ceweknya cantik2 trus najunya juga mewah2 hehe

    BalasHapus
  3. aku krg suka film India... but lately memang jrg nonton juga sih...Tp memang ya setelah tahu kehidupan para bangsawan itu tidak seindah yg terlihat... Ada banyak peraturan dan protokol yg harus mereka jalankan.

    BalasHapus
  4. Aku suka nonton film India, tapi biasanya yang pemerannya Sahrul Khan 😆. Eits, tapi aku pun pernah nonton Jodha Akbar, betul sangat kental banget patriarki di drama yang satu ini, mana base on true story juga. Bikin berigidik bayangin hal-hal ini pernah kejadian di dunia nyata.

    Akan tetapi, secara pakaian aku pun bilang pakaian mereka bagus-bagus banget 🤩. Jalan ceritanya cukup menarik walau belum sempat nonton sampai finish.

    BalasHapus
  5. Sedih banget yaa..
    Tapi memang kisah jaman dulu kalau beneran digambarkan, bisa jadi lebiiih lebiiih mengerikan. Dan bisa jadi penonton can't relate.
    Kalau di filmkan, biasanya uda disesuaikan dengan kebutuhan penonton.

    Jadi nontonnya meski greget, tetep ngerasa "Oh.. iya yaa.."

    BalasHapus
  6. aku udah lama ga apdet soal seri atau film India. Tapi aku tau drama Jodha Akbar ini, karena orang rumah nonton hahaha. Terutama ibuku mbak. Bahkannnn nih nggak sekali atau dua kali aja nontonnya, lupa aku berapa kali
    aku cuman diceritai beberapa point pentingnya aja dan tetep bikin aku bingung. Bener kata mba Avi, mbulet dah ini
    kata ibuku memang bagussss, makanya sampe nonton berkali-kali

    BalasHapus
  7. Kalo film india emang lumayan banyak angkat cerita soal patriarki yaa.

    Aku udah lama euy ga nonton drama india. Terakhir nonton movie doang yang three idiots, ya Allah itu udah berapa tahun yang lalu.

    BalasHapus
  8. Aku hanya ngikutin riuhnya dan hits-nya Jodha Akbar ini dulu dan banyak yang suka dan jadi laris yaa serialnya ternyata ceritanya seru juga

    BalasHapus